PRAKTEK BAGI HASIL TERNAK SAPI YANG MASIH DALAM KANDUNGAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DESA RUMPA KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLMAN)

Haris Munandar, Busyrah Busyrah, Abd. Hamid

Abstract


Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research kualitatif, yang artinya prosedur temuannya tidak diperoleh melalui data statistik atau bentuk hitungan lainnya, penelitian ini menghasilkan kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku manusia yang diamati, penelitian ini termasuk penelitian lapangan yaitu meengumpulkan data di tempat terjadiya fenomena yang diteliti. Lokasi penelitian bertempat di Desa Rumpa, Kecamatan Mapilli, kabupaten Polewali Mandar. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek praktek bagi hasil ternak sapi yang masih dalam kandungan menggunkan 3 (tiga) cara yaitu bagian pertama dari ternak sapi yang melahirkan dimiliki oleh pemilik sapi (pemodal), bagian pertama ternak sapi yang melahirkan dimiliki oleh pengembala (pengelola), atau anak dari ternak sapi yang melahirkan dibagi sama rata antara kedua belah pihak. Pandangan hukum Islam tentang praktek bagi hasil ternak sapi yang masih dalam kandungan yang beralaku dikalangan masyarakat Desa Rumpa menggunakan akad mudharabah yaitu kesepakatan perjanjian antara pemilik sapi dengan pengembala sapi atas dasar suka sama suka yang sifatnya demi kebaikan bersama dan tidak merugikan salah satu pihak. Implikasi pada penelitian ini adalah menghimbau kepada masyarakat atau pelaku bagi hasil ternak sapi yang masih dalam kandungan untuk melakukan akad transaksi agar lebih jelasnya dilakukan dengan perjanjian tertulis atau dengan menghadirkan beberapa saksi sehingga kerja sama bagi hasil tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bagi kedua belah pihak yang melakukan transaksi.


Keywords


Prespektif Hukum Islam; Bagi Hasil; Anak Ternak Sapi yang Masih dalam Kandungan

Full Text:

PDF

References


Djazuli, A. (2010). Kaidah-Kaidah Fiqih . Jakarta: Kencana.

Karim, A. (2014). Bank Islam Analisi Fikih dan Keuangan. Jakaarta: PT Rajagrafindo Persada.

Karim, A. A. (2004). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mardani. (2012). Fikih Ekonomi Syariah ; Fikih Muamalah. Jakarta: Kencana.

Nasrun, H. (2007). Fikih Muamalah. Jakarta: Gaya Medika Pratama.

Shihab, M. Q. (2003). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Wahyuni, H. (2016). Praktek Nggadoh Kambing di Desa Semangung Kecamatan Blegan Kabupaten Purworejo Studi Perbandingan Hukum Adat dan Hukum Islam Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2041

Article Metrics

Abstract views : 103 times | PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter