GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SDN 066 PEKKABATA POLEWALI MANDAR

yuliani Soerachmad, patmawati patmawati, sidratun muntaha

Abstract


SDN 066 Pekkabata merupakan salah satu sekolah dasar di Kecamatan PolewaliKabupaten Polewali Mandar yang memiliki PHBS hanya 35,4%.Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran perilaku hidup bersih dan sehat SDN 066 Pekkabata Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah sequential explanatory.Populasi penelitian ini adalah semua guru di SDN 066 Pekkabata Tahun 2020 berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Jumlah sampel adalah 15 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, pengisian kuesioner dan wawancara. Data-data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa pengetahuan guru dalam gambaran perilaku hidup bersih dan sehat SDN 066 Pekkabata sudah sangat baik, namun siswa yang kadang kala tidak memperhatikanapa yang disampaikan gurunya khususnya dalam gambaran perilaku hidup bersih dan sehat. Sekolah sudah berupaya dalam menyediakan lingkungan yang bersih khususnya tempat cuci tangan (wastafel) di setiap depan ruangan belajar siswa dengan air yang mengalir bersih dan menyediakan sabun.


Keywords


Upaya Sekolah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Full Text:

PDF

References


Arfiah, A., Patmawati, P., & Afriani, A. (2019). Gambaran Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Di Desa Padang Timur Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 113-135.

Depkes, R. I. (2002). Profil Kesehatan Indonesia 2001 Menuju Indonesia Sehat 2010. Jakarta: Dep Kes RI, 36-37.

Kemenkes Nomor 1193 tahun 2014. Tentang Visi Promosi Kesehatan RI

Lubis, I. D. (2019). Hubungan Higienitas Pribadi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dengan Infeksi Kecacingan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(2).

Masruroh, A. T.. (2014). Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Skabies pada Santriwati Pondok Pesantren Mlangi Nogotirto Sleman (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).

Putra, E., Keloko.. Hubungan Pengetahuan Orangtua dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Phbs) pada Keluarga di Lingkungan IV Kelurahan Sei Putih Tengah Medan Tahun 2013.

Patmawati, P., & Sumardi, S. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Hygiene Perseorangan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(2), 180-190.

Sugiarti, E. (2016). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Desa Dengan Status ODF (Open Defecation Free) Di Desa Gebangan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal Tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sugiyono, Prof. Dr., (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i1.2057

Article Metrics

Abstract views : 15 times | PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
Pepatudzu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter