STRATEGI PEMASARAN KUE TAR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM

Surianti surianti, Andi sudarmin azis, Mirwan Mirwan

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran kue tar Lestari Cake Cabang Wonomulyo, 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran pada Lestari Cake Cabang Wonomulyo ditinjau dari etika bisnis Islam Cabang Wonomulyo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan berperilaku yang dapat diamati. Lokasi penelitian ini bertempat di Lestari Cake Cabang Wonomulyo di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini beberapa pertanyaan-pertanyaan mengenai strategi pemasaran, alat perekam, kamera handphohone, buku catatan. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif-verifikatif. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini yaitu perpanjangan keikut sertaan dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi strategi pemasaran yang diterapkan Lestari Cake Cabang Wonomulyo di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar dalam meningkatkan hasil penjualan adalah menerapkan strategi: Produksi, Promosi, Distribusi, dan menetapkan harga. Kemudian ditinjau dari etika Bisnis Islam, Strategi pemasaran pada Lestari Cake Cabang Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, sudah menerapkan prinsip-prinsip berbisnis secara Islam, di antaranya adalah: Memproduksi kue tar menggunakan bahan-bahan yang halal dan tidak mengandung bahaya. Produk yang cacat tidak ditutup-tutupi, seperti kue tar rusak atau kadaluarsa segera diganti dengan kue tar yang baru. Berkata jujur apa adanya ketika menginformasikan kue tar kepada pelanggang. Berbuat baik dan adil kepada semua pelanggang dan melayani dengan senang hati dan memberi kebebasan kepada pelanggang untuk membeli kue tar tanpa ada paksaan.


Keywords


Strategi pemasaran; kue tar; etika bisnis islam

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur‟an dan Terjemahnya. Jakarta: Jabal.

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Aibak, Kutbuddin. 2017. Kajian Fiqih Kontemporer. Yogyakarta: Kalimedia.

Budiman, Apri. Manajemen Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Ombak.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad dan Alimin. 2004. Etika & Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE. 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2140

Article Metrics

Abstract views : 15 times | PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter