STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPRA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KASUS DESA PANYAMPA

Darwin Darwin, Saifuddin Saifuddin, Busyrah Busyrah

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk Mengetahui bagaimana strategi-strategi usaha yang digunakan pengusaha kopra untuk mengembangkan usahanya dan tetap meraup keuntungan di Masa Pandemi COVID-19  2) Untuk mengetahui bagaimana proses pendistribusian kopra di Desa Panyampa Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam hal ini penelitian kualitatif bertujuan untuk memaparkan suatu kejadian dengan sejelas-jelasnya dengan cara melakukan pengumpulan data yang kredibel yang menunjukkan pentingnya kejelasan dan detail suatu data yang diteliti.(sumber Binus University Bandung)

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha kopra di Desa Panyampa Kecamatan Polewali Mandar di masa pandemi COVID-19. Pengusaha yang ada di Desa Panyampa menggunakan 3 (tiga) strategi yakni, strategi distribusi/penyaluran, strategi persaingan harga, dan strategi permodalan, dimana dari ke 3 (tiga) strategi tersebut sudah mampu mengembangkan dan menghasilkan keuntungan dan proses pendistribusian kopra di Desa Panyampa juga mampu mengembangkan usaha para pengusaha kopra serta pengusaha mengalami peningkatan ekonomi dalam proses pendistribusian.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, implikasi pada penelitian ini adalah : 1). Menghimbau Kepada masyarakat Desa Panyampa terkhusus pada pengusaha yang menggeluti usaha kopra agar lebih mengusai strategi-strategi dalam usaha kopra sehingga mampu mengembangkan usahanya 2). Kepada seluruh masyarakat yang menjajahi suatu usaha apapun agar menemukan strategi-startegi dalam berusaha agar mampu mengembangkan usaha dan tetap meraup keuntungan.

Kata Kunci : Kopra, Strategi pengembangan.


Keywords


Kopra; Strategi Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Busrah, Peranan Koperasi Produsen Lipa’ Sa’be Mandar Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Penenun Sutera (Studi Kasus Di Beru-Beru Desa Ongko Kec.Campalagian)Vol.3.No.1(2018)

http://www.bpkp.go.id/berita/read/25144/0/Sulbar-Mulai-Jalankan-Program-Pemulihan-Ekonomi-Nasional.bpkp di Akses 26 April 2020

Irawan, Dkk, Strategi Pamasaran, ( Retna Atika Sari, 2012), h 135

Prastowo Andi, (2011), Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian Cet.I,:Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Rahma Wati, Menajemen Pemasaran, (cet I : Samarinda, Mulawaman University Pers, 2016), h 35

Rahmisari, Inka. Analisis Strategi Swot Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Perusahaan Pemasaran Coffee Mix Di Kota Medan (Studi Kasus Pada PT. Indrapura Perkasa Medan). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. 5, no.2(2012)h.10

Suhrawardi K.Lubis,Hukum Ekonomi Islam,(Jakarta: Sinar Grafika,2011),h.4

SME Policy Reponses,” OECD 2020, diakses 23 April 2020,https://read.oecd-ilibrary.org/view

Sondang P. Siagian. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Stefen Popoko. Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan Petani Kopra Di Kecamatan Tobelo Selatan Kabupaten Halmehara Utara, Jurnal UNIERA Volume 2 Nomor 2(2013).h.7.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2175

Article Metrics

Abstract views : 368 times | PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.