IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN MAMASA

Hendrik Hendrik, Sjuaib Hannan, Yusuf Daud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi peningkatan kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Mamasa dari segi Komunikasi, Sumber Daya Manusia, Disposisi dan dari segi Struktur Birokrasi Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan peningkatan kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Mamasa ditinjau dari segi komunikasi, termasuk dalam kategori baik karena setiap terjadi salah pengertian dan/atau kesalahpahaman selalu dapat dikomunikasikan kembali pada semua elemen sehingga dapat mendukung implementasi kebijakan DPRD. Namun demikian, masih terdapat beberapa kebijakan yang tidak sesuai karena tidak ada dukungan dari pihak yang lain. segi sumber daya manusia, belum optimal karena kompetensi sumber daya manusia yang memadai belum maksimal, dari segi disposisi telah berjalan sesuai dengan yang ada walaupun masih terdapat beberapa kesalahan dalam pemberian disposisi, masih terdapat beberapa dispoisisi yang tidak sesuai alamat sehinga menyebabkan terhambatnya penyelesaian pekerjaan. sedangkan dari segi struktur birokasi, termasuk dalam ketegori baik karena secara umum, implementasi kebijakan Sekretariat DPRD Kabupaten Mamasa sesuai dengan harapan.


Keywords


Implementasi Kebijakan, Kinerja, Sekretariat DPRD

Full Text:

PDF

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara.(2005).manajemen sumber daya Manusia

Perusahaan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Agus Purwanto,Erwan,2012,Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Apli

kasihnya di Indonesia,Yokyakarta:Gaga Media

Agustino. Leo.2008.Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung.Alfabeta

Aswar,S.2000.Sikap Manusia,Teori dan Pengukurannya.Jokjakarta:Pustaka

Pelajar Jokja Offset

Effendi,Omong Uchana,2006.Ilmu Komunikasi ,Teori dan Praktek,Bandung

.Rosdakarya

Hasibuan,Melayu.S.P.2003.Manahemen Sumber Daya Manusia,Jakarta.PT.

Bumi Aksara

J.Moleong,Lexy.2014.Metode Penelitian Kualitatif ,Edisi Revisi.PT Remaja

Rosdakarya,Bandung

Jonathan,Sarwono.2006 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif .Yokya

Karta:Graha Ilmu

Mahsun,Mohamad.2006.Pengukuran Kinerja Sektor Publik:Cetakan Pertama.Yokyakarta:Penerbit BPFE-Yokyakarta

Ruslan,Rosady,2003,Metode penelitian public Relations dan komunikasi ,Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Samsudin.2005.Manajemen Sumber Daya Manusia.Bandung Pustaka Setia

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Al

Fabeta.

JURNAL:

Nur Fitrah.2020.Efektifitas Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Pembuatan

E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar.Jurnal MITZAL




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2182

Article Metrics

Abstract views : 517 times | PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.