IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN MAMASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi peningkatan kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Mamasa dari segi Komunikasi, Sumber Daya Manusia, Disposisi dan dari segi Struktur Birokrasi Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan peningkatan kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Mamasa ditinjau dari segi komunikasi, termasuk dalam kategori baik karena setiap terjadi salah pengertian dan/atau kesalahpahaman selalu dapat dikomunikasikan kembali pada semua elemen sehingga dapat mendukung implementasi kebijakan DPRD. Namun demikian, masih terdapat beberapa kebijakan yang tidak sesuai karena tidak ada dukungan dari pihak yang lain. segi sumber daya manusia, belum optimal karena kompetensi sumber daya manusia yang memadai belum maksimal, dari segi disposisi telah berjalan sesuai dengan yang ada walaupun masih terdapat beberapa kesalahan dalam pemberian disposisi, masih terdapat beberapa dispoisisi yang tidak sesuai alamat sehinga menyebabkan terhambatnya penyelesaian pekerjaan. sedangkan dari segi struktur birokasi, termasuk dalam ketegori baik karena secara umum, implementasi kebijakan Sekretariat DPRD Kabupaten Mamasa sesuai dengan harapan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.A Anwar Prabu Mangkunegara.(2005).manajemen sumber daya Manusia
Perusahaan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Agus Purwanto,Erwan,2012,Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Apli
kasihnya di Indonesia,Yokyakarta:Gaga Media
Agustino. Leo.2008.Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung.Alfabeta
Aswar,S.2000.Sikap Manusia,Teori dan Pengukurannya.Jokjakarta:Pustaka
Pelajar Jokja Offset
Effendi,Omong Uchana,2006.Ilmu Komunikasi ,Teori dan Praktek,Bandung
.Rosdakarya
Hasibuan,Melayu.S.P.2003.Manahemen Sumber Daya Manusia,Jakarta.PT.
Bumi Aksara
J.Moleong,Lexy.2014.Metode Penelitian Kualitatif ,Edisi Revisi.PT Remaja
Rosdakarya,Bandung
Jonathan,Sarwono.2006 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif .Yokya
Karta:Graha Ilmu
Mahsun,Mohamad.2006.Pengukuran Kinerja Sektor Publik:Cetakan Pertama.Yokyakarta:Penerbit BPFE-Yokyakarta
Ruslan,Rosady,2003,Metode penelitian public Relations dan komunikasi ,Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Samsudin.2005.Manajemen Sumber Daya Manusia.Bandung Pustaka Setia
Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Al
Fabeta.
JURNAL:
Nur Fitrah.2020.Efektifitas Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Pembuatan
E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar.Jurnal MITZAL
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2182
Article Metrics
Abstract views : 517 times | PDF - 134 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.