EVALUASI KINERJA PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR JENIS ANGKUTAN BARANG PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN MAMASA

Jonris BK, Rustan IR, Masyhadiah Masyhadiah

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa dalam memberikan pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa telah menerapkan Responsivitas, Responsibilitas, dan Transparansi, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari berbagai hal yang dinilai kurang sesuai dengan harapan masyarakat dan banyaknya keluhan pengguna layanan. Pada Indikator  responsivitas dinilai masih belum optimal karena kurang tanggap dalam mengetahui kebutuhan wajib dan cara dalam menanganinya. Pada Indikator responsibilitas dapat dikatakan sudah terlaksana sesuai peraturan perundang undangan. Sementara pada indikator transparansi, dianggap belum melaksanakan kinerja dengan baik, hal ini terlihat dari masih ditemukannya pungutan liar.

 

 


Keywords


Evaluasi Kinerja, Pegawai, Pelayanan, Pengujian, Kendaraan Bermotor

Full Text:

PDF

References


Agusnadi, A. (2014). Efektivitas Pemberian Sanksi Bagi Siswa Pada Pelanggaran Tata Tertib Di Smp 2 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 121400.

Amirullah. (2015). Populasi dan Sampel. 1–14. https://doi.org/10.1007/BF00353157

Dwiyanto, A. (2015). Manajemen Pelayanan Publik; Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Heriawan, S. (2016). Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Scooter “Vespa” Dalam Menjalin Hubungan Solidaritas (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Ikatan Scooter Wonogiri di Wonogiri) NASKAH. Naskah Publikasi, 53 (9), 12.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Nurfitrah, 2021 Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Pembuatan E-Ktp Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar, 2021 Mitzal (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Perundang - undangan

Undang Undang No.14 tahun 1992 pasal 14 ayat 1

Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2016 Tentang Struktur Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Mamasa

Peraturan Bupati Mamasa Nomor 32 Tahun 2016, tentang Struktur Organisasi Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa Maka Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2217

Article Metrics

Abstract views : 260 times | PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.