KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN MAMASA KABUPATEN MAMASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa sudah menerapkan dimensi Fisik/wujud, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati beserta indikatornya dalam memberikan Pelayanan sudah berjalan baik. Namun masih ada beberapa dimensi yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain ketidak nyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang belum lengkap, belum semua pegawai mampu dan ahlinya dalam menggunakan alat bantu pelayanan, dan ketidak ramahan pegawai dalam proses pelayanan, waktu proses yang tidak pasti atau lama dan adanya pegawai yang mendahulukan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum serta membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusnadi, A. (2014). Efektivitas Pemberian Sanksi Bagi Siswa Pada Pelanggaran Tata Tertib Di Smp 2 Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 121400.
Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo.
Amirullah. (2015). Populasi dan Sampel. 1–14. https://doi.org/10.1007/BF00353157
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Heriawan, S. (2016). Pola Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Scooter “Vespa” Dalam Menjalin Hubungan Solidaritas (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Ikatan Scooter Wonogiri di Wonogiri) NASKAH. Naskah Publikasi, 53(9), 12.
Moenir. 2015. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksar, Hlm 16-17.
Nurfitrah, 2019 Faktor Instrinsik Motivasi Kerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Kantor Kecamatan Malunda Kabupaten Majene, Mitzal (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Perundang - undangan
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2227
Article Metrics
Abstract views : 181 times | PDF - 156 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.