RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PELAYANAN PASIEN BPJS RSUD KONDOSAPATA MAMASA)

Handi Handi, Muhammad Syaeba, Mahyuddin Ibrahim

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif yang bertujuan untuk mengetahui Resposivitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Pasien BPJS RSUD Kondosapata Mamasa). Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang terdiri dari Staf pegawai rekam medic, dokter, perawat, pengelola BPJS dan Pasien BPJS RSUD Kondosapata Mamasa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif, yaitu menguraikan serta menginterpretasikan data yang di peroleh di lapangan dari key informan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kemampuan merespon cukup baik antara petugas kepada pasien, ketepatan melayani sudah baik/ ketepatan melayani juga cukup baik tidak ada kesalahan, kecermatan melayani sudah sangat baik dimana perawat dan dokter sudah teliti dalam merawat pasien BPJS, Ketepatan waktu cukup baik walaupun jam besuk tidak cukup mengganggu pasien dan merespon keluhan pasein RSUD Kondosapata Mamasa Sudah bagus dimana Pihak rumah sakit sudah menyiapkan kotak saran

Keywords


Responsivitas dan Pelayanan Pasien BPJS

References


Abd Khalik, Muhammad Awarih, 2020. Manajemen Birokrasi dalam Pengembangan Karir dan Promosi Jabatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Unasman: Mitzal

Ahmad, Badu.2012, Buku Ajar Mata Kuliah Manajemen Pelayanan Publik. Makassar; Universitas Hasanuddin Ahmad,

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Azwar, Azrul. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta; Binarupa Aksara

Dedi. 2011, Tentang Undang-Undang Manajemen Pelayanan Kesehatan, Pontianak;

Dwiyanto,2016. Responsivitas pelayanan

Hardiyansyah.2011 konsep Pelayanan Publik, Yogyakarta; Gava Media

Hutasoit, C.S. 2011. Pelayanan Publik Teori & Aplikasi. Jakarta: MAGNA Script Publishing

Kumorotomo dan Purwanto, 2013. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta; Andi Offset Alamsyah,

Nugraha. (2016). Responsivitas pelayanan Dari Kepuasan Konsumen. IKONOMIKA:Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.I, No.1:2527-5143

Nuha Medika Arif, Saiful. 2014. Reformasi Pelayanan Publik”. Averroes Press. Malang

Sugiyono, 2017: 2. Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja Rosdakaria.

Undang-Undang Penyelenggara Jaminan Sosial Nomor 24 Tahun 2011 (UU BPJS) merupakan kewajiban Pasal 5 ayat (1) dan 52 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional untuk menyelenggarakan penyelenggaraan jaminan sosial




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2307

Article Metrics

Abstract views : 38 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter