PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL PEKKABATA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM POLEWALI MANDAR
Abstract
Alasan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui penggunaan moral bisnis dalam jual beli di Pasar Tradisional Pekkabata. 2) mengetahui perspektif syariat Islam terhadap moral bisnis dalam jual beli di Pasar Tradisional Pekkabata. Jenis pemeriksaan yang digunakan ilmuwan untuk situasi ini adalah eksplorasi subjektif, khususnya strategi yang digunakan untuk menganalisis kumpulan individu, objek, atau kondisi apa pun di masa sekarang. Dari hasil pemeriksaan yang dipimpin oleh para ilmuwan di Pasar Tradisional Pekkabata, memiliki standar kewajiban dan tidak saling merugikan. Survei syariat Islam adalah para pedagang yang telah menjalankan akhlak bisnis di pasar konvensional pekkabata diucapkan (Halal) karena telah menjalankan standar moral bisnis yang ditunjukkan oleh pelajaran Islam. Untuk sementara, para pedagang yang tidak memiliki moral bisnis yang signifikan sesuai dengan hukum Islam dengan melakukan tindakan yang dapat merugikan pelanggan, mengurangi jumlah porsi, tidak dapat dipercaya, dan memberikan biaya yang sangat berlebihan, dan menjual barang dagangan yang kurang, maka, di titik itu hukumnya (Haram).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ahmad, M. (2003). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Departemen Agama RI. (2011). Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro
Haroen, N. (2007). Fiqih Muamalah Cet-2. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Irwan, M. (2017). Praktek Jual Beli Sistem Online Ditinjau Dari Hukum Islam Studi Kasus Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar Kabupaten Polewali Mandar. J-Alif Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Sosial Budaya Vol.2 No.1, 48.
Karim, A. (2015). Fikih Ekonomi Islam. Jakarta: Dar al-Muslim.
Keraf, S. (2008). Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya. Bandung: PT Karya Kita.
Kuncoro, M. (2015). Menulis Skripsi/Tesis dalam 60 Hari. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Shihab, M. Q. (2003). Tafsir Al- Misbah. Jakarta: Lantera Hati.
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif R&D. Bandung : Alfabeta.
Suma, M. A. (2008). Menggali Akar Mengurai Serat Ekonomi dan Keungan Islam. Jakarta: Kholam.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.2339
Article Metrics
Abstract views : 265 times | PDF - 94 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.