APLIKASI UJIAN ESSAY KOREKSI OTOMATIS MENGGUNKAN METODE COSINE SIMILARITY

Mirda Mirda, Muhammad Sarjan, Ul Khairat

Abstract


Dalam dunia pendidikan, penilaian adalah kuncinya. Melalui penilaian, guru dapat melihat seberapa efektif pengajaran mereka. Biasanya, guru menemukan dan menilai siswa dengan berbagai, termasuk kuis, tes, dan pekerjaan rumah. pertanyaan bebas dapat mendorong siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka untuk mengintegrasikan, mensintesis, merancang, dan mengkomunikasikan ide-ide reaktif dalam bahasa alami mereka. Namun, menilai dan menganalisis tanggapan siswa dapat menjadi sedikit sulit dan memakan waktu. Masalah ini membutuhkan sistem respon deskriptif singkat sehingga guru dapat dengan cepat memperbaiki nilai siswa. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah sistem koreksi otomatis pada penjelasan tentang penjelasan yang mengimplementasikan metodekesamaan kosinus. Tempat penelitian dilakukan di SMK BUNGA BANGSA SEJAHTERA. Metode penulisan yang digunakan adalah kuantitatif. aplikasi sistem yang dirancang dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan menggunakan MySQL sebagai basis data dengan menggunakan metode Cosine Similarity . Hasil penelitian ini adalah mengembangkan sistem yang telah ada dan dengan menggunakan metode cosine similarity Koreksi Otomatis berbasis web ini diharapkan dapat melakukan koreksi otomatis dan memberikan nilai akhir sehingga mempersingkat waktu guru dalam mengoreksi jawaban siswa.


Keywords


Ujian, Essay, Koreksi Otomatis

Full Text:

PDF

References


Anam, M. (2020). Sistem koreksi jawaban uraian singkat otomatis menggunakan metode cosine similarity dan query ekspansion (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Zeniarja, J., Salam, A., & Achsanu, I. (2020, April). Sistem Koreksi Jawaban Esai Otomatis (E-Valuation) dengan Vector Space Model pada Computer Based Test (CBT). In Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika (Vol. 4, No. 1)

Pratama, R. P. (2018). Aplikasi deteksi plagiarisme menggunakan metode cosine similarity (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

PRAMISWARI, I. (2017). SISTEM KOREKSI JAWABAN ESSAY MENGGUNAKAN METODE COSINE SIMILARITY.

Aprilianto, T., & Arifin, J. (2017). PERANCANGAN SISTEM KOREKSI OTOMATIS UJIAN ONLINE MULTIPLE CHOICE DAN ESSAY PADA KULIAH MIKROPROSESOR BERBASIS TF-IDF DAN VEKTOR SPACE MODEL DI STMIK ASIA MALANG. Joutica, 2(2).

Ruslan, R., Gunawan, G., & Tjandra, S. (2018, August). Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Menggunakan Metode GLSA. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).

Pramukantoro, E. S. (2016). Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Pada Elearning belajardisini. com. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 3(4), 248-252.

Muslimin, M., Qashlim, A., & Assidiq, M. (2020, May). SISTEM INFORMASI UJIAN ONLINE PILIHAN GANDA BERBASIS WEB. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 63-68).

Munthe, I. R. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Data Penduduk Pada Kantor Camat Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Dengan Metode System Develovment Life Cycle (Sdlc). Informatika, 5(1), 22-31.

Melita, R. (2018). Penerapan Metode Term Frequency Inverse Document Frequency (Tf-Idf) Dan Cosine Similarity Pada Sistem Temu Kembali Informasi Untuk Mengetahui Syarah Hadits Berbasis Web (Studi Kasus: Hadits Shahih Bukhari-Muslim) (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2344

Article Metrics

Abstract views : 27 times | PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter