Efektivitas Strategi Student Team Heroic Leadership Terintegrasi 4C Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Tandukkalua'

Asriani Asriani, Reskiah Reskiah, Muhammad Assaibin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi Student Team Heroic Leadership terintegrasi 4C terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan perbandingan pada siswa kelas VII SMPN 2 Tandukkalua'. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian Eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Tandukkalua'. Dengan jumlah 46 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Tandukklua' tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan strategi kepemimpinan heroik tim siswa terintegrasi 4C pada kelas eksperimen efektiv terhadap proses pengajaran, hal itu berdasarkan pada tes awal (pre-test) kelas VIIA dengan nilai 44,26 setelah proses pembelajaran berlangsung dan diberikan tes akhir, maka nilai rata-rata hasil belajar 70,52.


Keywords


Strategi Student Team Heroic Leadership; 4C; Matematika; Hasil Belajar dan Eksperimen

Full Text:

PDF

References


Hamzah 2014. Pengertian Instrumen. Bandung: Bumi Aksara.

Hamza Uno. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Cet, X. Bandung: Bumi Aksara.

Indrayani. 2019. Tekhnik Analisis Data. Bandung: Tarsito

Mahmudi. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Mardiasno. 2014. Pengertian Efektivitas: Rineka Cipta

Nana Sudjana. 2011. Pengertian Hasil Belajar. Bandung: Rineka Cipta

Reskiah, R., & Ahmad Syah, A. 2020. Efektifitas Model Pembelajaran NHT dengan penerapan Strategi STHL terhadap Hasil Belajar Matematika. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 164-179.

Sudjana, N. 2013 Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tiro (Satriani). 2019. Desain Penelitian dengan Penerapan Strategi STHL, Bandung Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2357

Article Metrics

Abstract views : 176 times | PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.