KUALITAS PELAKSANAAN PELAYANAN UMUM PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KANTOR KECAMATAN TAPALANG KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT
Abstract
Hasriawan.Kualitas pelaksanaan pelayanan umum pada masa pandemi covid 19 di kantpr kecamatan tapalang kabupaten mamuju provinsi sulawasi baratPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada masa pandemi covid 19 di kantor kecamatan tapalang kabupaten mamuju, faktor pendukung dan penghambat pelayanan di kantor kecamatan tapalang kabupaten mamuju.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik pada masa pandemi covid 19 di kantor kecamatan tapalang kabupaten mamuju belum sepenuhnya menerapkan beberapa hal penting yaitu: menyediakan informasi secara jelas, meningkatan sistem pelayanan secara online, meningkatkan komptesensi pelayanan, sarana dan prasarana fasilitas pelayanan beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana yang belum lengkap. Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di kantor kecamatan tapalang kabupaten mamuju adalah kurangnya sumber daya pegawai dan masih kurangnya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan sesuai dengan hati nurani.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Parasuraman, V. A. (1990). Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and . Expectations: (The Free Press).
AG, S. (2006). Analisis Kebijakan Publik Konsep Teori dan Aplikasi . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anttitroiko, V. A. (2008). Electronic Goverment :Concepts, Methodologies, Tools and Applications, Hershey . PA: Information Science Reference.
Hardjosoedarmo, S. (1996). Pengembangan Manajemen Mutu & Produktifitas . Yogyakarta: Andi.
M.Massyat. (2019). Analisis Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju. MITZAL, Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi , Edisi April 2017 Vol 2 No. 1.
Munawi Gay, E. E. (2019). Analisis Pelayanan Publik Di Kantor Cabang Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kecamatan Mamasa. MITZAL(Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya). Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, Edisi Nopember 2018 Vol 3 No. 2.
Parasuraman, A. Z. (1988 ). SERVQUAL: A Multiple item scale for mearsuring counsumer receptions of service . Quality , journal of marketing, Vol 4 (1).
Parwanto M.L.E. (2020). Virus Corona (2019-nCoV) Penyebab COVID 19 . Jurnal Biomedika dan Kesehatan ,3 (1), 1-2.
Rachmadi (2008) . Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2004. Meteodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Yunus, N,R,: Rezki Annissa.’’ Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid 19,’’salam: jurnal sosial dan budaya syar-i volume 7 No. 3 (2020)
Sumber Lain :
Keputusan Menteri Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pelayanan Publik secara cepat
Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
(PANRB) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID 19
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang pemerintahan daerah
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.2372
Article Metrics
Abstract views : 100 times | PDF - 72 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.