MANAJEMEN PEMASARAN USAHA PENGOLAHAN KOPRA PADA USAHA UD.CITRA DI DESA BARUMBUNG KECAMATAN MATAKALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di UD. Citra Desa Barumbung Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar yang berlangsung selama tiga bulan yaitu bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pemasaran Usaha Pengolahan Kopra pada UD. CITRA di Desa Barumbung, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar serta mengetahui Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh UD. CITRA di Desa Barumbung, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar dalam pemasaran kopra. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yaitu tehnik penentuan sampel secara langsung. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Dilanjutkan dengan pengolahan data dengan menggunakan metode analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen seperti fungsi perencanaan, pengoorganisasian, pengarahan, pengendaliaan,dan evaluasi pada manajemen pemasaran usaha pengolahan kopra pada UD. Citra di Desa Barumbung, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar dengan baik dai hasil penelitian, usaha mengalami peningkatan produksi. Serta kendala-kendala yang dihadapi oleh UD. Citra yaitu adanya persaingan dengan pedagang besar, adanya produk yang sama sangat berpengaruh dan pangsa pasar yang tidak menentu.
Kata Kunci : Kopra, Manajemen, Pemasaran, Pengolahan Kopra
Full Text:
PDFReferences
BPS Indonesia, Direktorat Jenderal Perkebunan Tahun 2019
BPS Polewali Mandar, 2017
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2009, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Bandung :Alfabeta.
Shimp, Terence A. 2010 “ Intergrated Marketing Communication In Advertising and Promotion” . South-Western, Cengage Learning.
H.B. Siswanto. 2005. “Pengantar Manajemen”, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Kotler, Amstrong. 2017. “ Manajemen Pemasaran “. American Marketing Assosiation.
Putri, B. R. T. (2017). Manajemenpemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.
Thantiyo, Farray. 2010. “Analisa Kontribusi Nilai Tambah Industri VCO (Virgin Coconut Oil) “
Wulandari, S., Kandatong, H., & Manggabarani, I. (2020, May). STRATEGI PEMASARAN GULA SEMUT KELOMPOK WANITA TANI SIPAKARIO DESA SAMBALIWALI KECAMATAN LUYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 140-147).
Wirapraja, A., Sudarso, A., Mardia, M., Tojiri, M. Y., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., ... & Manullang, S. O. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2386
Article Metrics
Abstract views : 228 times | PDF - 67 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.