PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN PPKN SECARA DARING PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK YPPP WONOMULYO

Yuli Astuti, Sukadji Sarbi, Dermawan Dermawan

Abstract


Proses penelitian bertujuan unutuk mengetahui Pemanfaatan Media Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Ppkn Secara Daring Peserta Didik Kelas Xi Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smk Yppp Wonomulyo.Objek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK YPPP Wonomulyo dengan jumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian menggunakan Kualitatif Deskriptif, proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang tertuju pada guru mata pelajaran PPkn dan Observasi yang tertuju pada proses pembelajaran dalam WhatsApp. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran PPKn secara Daring peserta didik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik cukup baik dalam pelaksanaannya. Dengan presentase pada pertemuan pertama 41,33%, pertemuan kedua 33,33% dan pada pertemuan terakhir 58.33%


Keywords


Media Aplikasi WhatApp, PPKn, Daring

Full Text:

PDF

References


Al Yakin, Ahmad. Manajemen kelas di era4.0.Jurnal Peqguruang Conference Series.Vol.1. No.1. 2019

Asrika Kurniasari dkk.2020.Analisis Efektifitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Masa Pandemi. Sumber https//journal.unesa.ac.id

Damsar.2011.Pengantar Sosiologi Pendidikan

Haerul Muammar dkk.2015.Pengaruh Model Pembelajaran ASSURE Dari Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA –Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Mataram.Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi

Hardianti dkk.2017.Efektifitas penggunaan media video dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman. Sumber :http//ojs.Unm.ac.id

https://emprints.uny.ac.id

Rusdi susiliana dkk. 2009 Media Pembelajaran dan penilaian : Hakikat pengembangan, pemanfaatan dan penilaian.CV Wacana Priman.Bandung

Langkah-langkah pembelajaran Daring (online)Sumber:files1.simpkb.id/ (akses/07/10/2020)

Meda Yuliani dkk.2020.Pembelajaran Daring untuk pendidikan :Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis

Regita Indriyani.2020.Analisis Pembelajaran Daring Melalui Sosial Media WhatsApp Group (penelitian deskriptif kuantitatif di SDn Baleedah bandung). Sumber https://repository.unpas.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2402

Article Metrics

Abstract views : 221 times | PDF - 212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

https://ihdn.ac.id/