Sistem Donasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Berbasis website

Syarli Syarli, Sinar Wahyu Ayu, Idhan Zaldi

Abstract


Kemajuan teknologi data di era 4.0 saat ini membuat sebagian besar kantor pemerintah melakukan berbagai perbaikan dalam hal administrasi dan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah sekelompok maupun individu yang tidak mampu melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik. Permasalahan saat ini yakni penyaluran bantuan masih tidak tepat sasaran dan pengolahan data yang membutuhkan banyak waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah system yang dapat mempermudah penyaluran bantuan kepada masyarakat terkhusus kepada masyarakat yang tergolong kedalam kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Dalam proses pengumpulan data yang dilakukan, peneliti mengimplementasikan metode kualitatif dengan cara pengumpulan data mulai dari observasi, kusioner, wawancara dan studi pustaka yang akan diolah menjadi satu kesatuan untuk menjadi bahan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini yakni sebuah Sistem Donasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial yang diharapkan dapat memberikan sebuah inovasi yang baru mengenai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial yang dapat di implementasikan menjadi sebuah program pada beberapa kantor Dinas yang ada di kabupaten Polewali Mandar, program yang dibuat sesuai dengan desain yang telah dirancang dengan tujuan dapat memenuhi pemakai sistem yang terintegrasi dengan instansi terkait yang digunakan sebagai media penyaluran bantuan tanpa harus mendatangi lokasi PMKS berada. Program aplikasi ini dibuat dengan  menggunakan bahasa Pemrograman PHP, MySQL sebagai database dan Codeighniter sebagai Framework.

 


Keywords


Administrasi, Bantuan, PMKS, terintegrasi

Full Text:

PDF

References


Harpyani pugoy rannu, D. (2019). Paulus Informatics Journal. 1(1), 21–26.

Kiki Fitri Auliah, Syarli, M. A. (2019). Peqguruang: Conference Series. 1(September), 1–8.

Nurhaeni, N. (2020). Klasifikasi Jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Menggunakan Naïve Bayes. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(1), 54–61. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i1.205

Oktaviana, M., Karnila, S., Informasi, P. S., & Informasi, P. S. (2020). Web-Based Information Systems for Services in the. 11, 54–59.

Permanasari. (2010). No Titleقانون در طب. 283.

Purnama, B. E. (2012). Analisa Dan Perancangan Sistem Komputerisasi Pembelajaran Dengan Media Video Menggunakan Software Adobe Preemiere Di SMK Wisudha Karya Kudus. Journal Speed, 4(1), 28–35.

Qashlim, A. (2019). Peqguruang: Conference Series. 1(September), 1–8.

Saputro, D. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN BEDAH RUMAH BERBASIS WEB PADA DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN Abstrak. 2(1), 78–87.

Suleman, S., Pakaya, R., & Daud, Y. (2019). Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (Pmks) Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 4(1), 30–39. https://doi.org/10.30869/jtii.v4i1.374

Taufik, M., Handayani, S., & Prastyo, S. D. (2008). Sistem Informasi Pendataan Penduduk Pada Kantor Kepala Desa Ujungrusi Kabupaten Tegal. Media Elektrika, 1(2), 20–30.

Zaldi, I., H, Z. B., & Baharuddin, M. (2019). SISTEM MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN TEKNOLOGI RFID PADA STT BARAMULI. 5(2), 27–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2403

Article Metrics

Abstract views : 113 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter