Upaya Anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar dalam Penyaluran Aspirasi Masyarakat di Polewali Mandar (studi kasus Kecamatan Tinambung)

Andi Ahmad Gufran, Muhammad Massyat, Mukhils Hannan

Abstract


DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) yang menjadi wadah penyambung rakyat mempunyai 3 peran penting. 1, menjadi agen perumus agenda untuk rakyak yang diwakili. 2, DPRD mempunyai peran sebagai wadah yang mengemban misi pengelolaan konflik pada masyarakat. 3, DPRD ialah pengemban peran integratif dalam rakyatnya. Peran perwakilan rakyat yang melekat pada DPRD biasa diartikan sebagai peran perantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu 1) Upaya Anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar dalam Penyaluran Aspirasi Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Tinambung). 2) Faktor apa yang mempengaruhi Upaya Anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar dalam Penyaluran Aspirasi Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Tinambung). Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian dilakukan pada Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam upaya anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar dalam penyaluran aspirasi masyarakat bahwa adanya upaya anggota DPRD dalam penyaluran aspirasi masyarakat khususnya di Kecamatan Tinambung tetapi masih ada kekurangan dalam penyaluran aspirasi masyarakat seperti anggota DPRD asal kecamatan Tinambung belum mampu mempertahankan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kecamatan Tinambung dan masih terkendala dari sisi dana daerah sehingga penyaluran aspirasi masyarakat yang diprioritaskan kecamatan yang memiliki jumlah penduduk yang banyak. Sedangkan faktor yang mempengaruhi Upaya anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar dalam Penyaluran Aspirasi Masyarakat yaitu kurangnya sumber daya manusia sehingga belum mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat.


Keywords


Upaya Anggota DPRD, Penyaluran, Aspirasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2015). Pelaksanaan Otonomi Luas Dengan Kepala Daerah Secara Langsung. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Arifin, M. (2019). Peran Pemerintah Desa Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan (Studi Kasus Desa Maliaya Kecamatan Malunda Kabupaten Majene). MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, vol. 2 no. 1.

awang., A. (2019). Implementasi Pemberdayaan Pemerintah Desa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Budiardjo, M. (2018). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Mariam, B. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Maulina, S. A. (2018). Penjaringan Aspirasi Masyarakat Melalui Reses Anggota DPRD Provinsi Banten. Jurnal Ilmu Pemerintahan, vol. 3 no. 1.

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rozali, A. (2016). Pelaksanaan Otonomi Luas Dengan Kepala Daerah Secara Langsung. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

SARI, D. P. (2014). PELAKSANAAN PENYERAPAN ASPIRASI MASYARAKAT OLEH ANGGOTA DPRD PARTAI NASDEM PERIODE 2014-2019 KOTA SEMARANG. Jurnal UNNES, vol. 2 no. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2422

Article Metrics

Abstract views : 98 times | PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter