Pengaruh Model Calloborative Problem Solving dengan Strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Nuraeni Nuraeni, Muhammad Assaibin, Ahmad Syah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran calloborative problem solvingdengan strategi writing in performance tasks (wipt) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonomulyo dan sampelnya adalah kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis dan lembar observasi. Untuk pengolahan data yang terkumpul digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 81,10  sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 57,86. Hasil perhitungan uji-t diperoleh  sebesar 7,080 dan  sebesar 1,671 berarti  yaitu 7,080  1,671. Selanjutnya dari signifikan 0,001 untuk  = 0,05 terlihat bahwa sig  0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran calloborative problem solvingdengan strategi writing in performance tasks (wipt) berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonomulyo.


Keywords


Pengaruh, model pembelajaran calloborative problem solving dengan strategi writing in performance tasks (wipt) kemampuan representasi matematis.

Full Text:

PDF

References


Adelina, R., & Fatma, M. (2018).Enhancing students’ mathematical problem posing skill through writing in performance tasks strategy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012022). IOP Publishing.

Amelia, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Metakognitif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Effendi, L. A. (2012).Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.

Junaedi, I. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Jurnal Kreano, 1(11).

Ishak,S., & Irmayanti, I. (2019). Perbandingan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Peserta Didik Laki-Laki Dan Perempuan Kelas VIIIA SMP Negeri 4 Mamuju.Pepatudzu:Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(2), 172-186.

Marlina, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa.

Mauladaniyati, R. (2015). Pembelajaran Kolaboratif Melalui Strategi Writing From A Prompt dan Writing in Performance Tasks Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa SMP. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 18-27.

Risdianti, A., Kartono, K., & Masrukan, M. (2019, February).Pengaruh Corrective Feedback dalam Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa.In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 10-15).

Samad, I., Ahmad, H., & Febryanti, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Media Lipa’Sa’be Mandar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 57-70.

Sutama. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan R&D. Kartasura: Fairuz Media.

Syah, A., Alimuddin, A., & Talib, A. (2019).Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Pepatudzu, 15(1), 21-33.

Tiro, M. A., & Ahmar, A. S. (2014). Penelitian Eksperimen: Merancang, Melaksanakan, dan Melaporkan. Makassar: Andira Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2424

Article Metrics

Abstract views : 226 times | PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.