EFEKTIVITAS MODEL CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Endang Sutriani, Chuduriah Sahabuddin, Muhammad Ali P.

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Contextual Teaching and Learning dengan metode Predict Observe Explain terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Ma’Arif Husnul Khatimah dan sampelnya adalah kelas XI Tata Busana sebagai kelas eksperimen dan kelas XI ADP sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru dan respon siswa. Untuk pengolahan data yang terkumpul digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 80,9 sedangkan nilai rata-rata posstest kelas kontrol sebesar 76,48. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,402 dan ttabel sebesar 2,00 berarti thitung > ttabel yaitu 2,402 > 2,00. Selanjutnya dari signifikan 0,019 untuk ( = 0,05 terlihat bahwa sig < 0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning dengan metode Predict Observe Explain berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Ma’Arif Husnul Khatimah.


Keywords


Model Contextual Teaching and Learning Metode Predict Observe Explain

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Media Group.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Faigawati, F. (2018). Pengaruh Penerapan Model Contekstual Teaching an Learning) Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 1 AIR ITAM Kecamatan Jejawi Oki. Doctoral dissertation: UIN Raden Fatah Palembang.

Fayakun, M. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) dengan metode Predict Observe Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 11(1), 49-58.

Febryanti. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning.Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12.1(2017),14-22.

Hasibuan, M. (2014). Model Penerapan CTL (Contekstual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains. 2(01).

Johnson, E. (2009). Contekstual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. (Terjemahan Ibnu Setiawan). . Bandung: Mizan Learning Center.

Komalasari., k. (2013). Pembelajaran kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.

Muna. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linear Kelas XI. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 9-12.

Mohammad, J. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Kontruktivistik Sebuah Pengembangan Berbasis CTL (contekstual Teaching & Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nurhadi., B. Yasin, dan A. G. Senduk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurhadi. 2014. Pembelajaran Contextual dan Penerapannya. Depdiknas

Putra, R. (2016). Efektivitas model pembelajaran poe untuk meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Ravianto J. 2014. Produktivitas dan Pengukuran, Jakarta. Bima Aksara.

SE Winahyu, H Kartini (2014). Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV. Bandung.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, kualitati dan R&D. Bandung: PT. Alabeta.

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suherman, (2015). Pengaruh berpikir kreatif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Lampung.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi.Jokjakarta :Ar-Ruzz Media.

Warsono, dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.2437

Article Metrics

Abstract views : 133 times | PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.