PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA PULLIWA KECAMATAN BULO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

basuki rahmad, ahmad saleh, mukhlis hannan

Abstract


Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan jumlah penduduk serta membangun dan mengelola potensi desa yang ada. Oleh karena itu, pemerintah desa menciptakan kegiatan komersial yang didasarkan pada pendapatan awal desa dan bermanfaat bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara pemberdayaan masyarakat Desa Priwa. Penelitian ini menggunakan teori Chambers tentang pemberdayaan masyarakat, pembangunan ekonomi yang menganut nilai sosial. Konsep ini mencerminkan paradigma pembangunan baru “people-centric, participatory, empowerment, dan sustainable”. Metode investigasi yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif untuk menjelaskan realitas sekolah kecelakaan saat ini. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara berdasarkan survei, observasi dan dokumen terkait. Hasil survei ini menyimpulkan bahwa pemberdayaan BUMDes kepada masyarakat desa berjalan dengan baik, diamati dan dicapai atas dasar pengelolaan potensi desa dan produksi tanah masyarakat oleh penduduk desa. Masyarakat dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan sistem pembayaran dan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di toko lain.


Full Text:

PDF

References


Abu, R. (2019). Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam PemberdayaanMasyarakat (Studi di Desa Labaraga Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Halu Oleo).

Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode penelitian administrasi publik teori dan aplikasi.

Arifah, L. K.2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Pekon Cipta Waras Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Arfiani, Irma, 2018. Kebijakan Menekan Angka Pengangguran Melalui Program Pelatihan Kerja Di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Dan Sosial Kota Magelang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ashshofa, B. (2010). Metode Penelitian Hukum.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Atmojo,S.T.dan hendrijanto.K. 2015. Peran badan usaha milik desa dalam pemberdayaan masyarakat di desa morejo. Kesejahteraan sosial unej.1(1):1-14

Chambers, Robert. 1995. Participatory rural appraisal (PRA): memahami desa secara partisipatif Oxfam: yayasan mitra tani

Darwita, I. K., & Redana, D. N. (2018). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dan Penanggulangan Pengangguran Di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng. Locus, 9(1).

Harry Hikmat. 2017. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press

Isbandi, A. R. 2018. Intervensi komunitas pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jakarta: pt rajagrafindo persada.

Mardikanto T dan Poerwoko S, 2017. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2448

Article Metrics

Abstract views : 13 times | PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter