Analisis Hasil Belajar PPKn Melalui Pembelajaran E-Learning Berbasis Aplikasi di Tengah Wabah Covid-19 di SMP Negeri 6 Campalagian
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar PPKn melalui pembelajaran E-Learning berbasis aplikasi di tengah wabah Covid-19 di SMP Negeri 6 Campalagian. Jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-juli 2021 di SMP Negeri 6 Campalagian selama kurang lebih 2 bulan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah Siswa 49 Orang, laki-laki 26 orang dan perempuan 23 Orang di SMP Negeri 6 Campalagian. Pada pengumpulan data yang digunakan iala metode dokumentasi atau dokumen. Hasil penelitian ini bisa diketahui jika hasil belajar PPKn melalui pembelajaran E-Learning berbasis aplikasi di tengah wabah Covid-19 di SMP Negeri 6 Campalagian kelas VIII A dan VIII B dengan jumlah 49 siswa yang terbagi dalam dua kategori yaitu Cukup sebanyak 45 siswa (91,8%) dan 4 siswa (8,2%) masuk dalam kategori kurang. Sedangkan total nilai rata - rata pada kelas VIII A dan VIII B adalah 78,24 yang termasuk dalam kategori cukup sehingga dapat di beri simpulkan jika hasil belajar siswa masih perlu di tingkatkan karena tidak ada siswa satupun yang masuk dalam kategori baik maupun kategori sangat baik di karenakan adanya hambatan proses kegiatan daring atau online seperti ketidaktersediaanya fasilitas pada aktivitas daring atau online seperti telpon seluler, sinyal jelek dan kurang pahamnya siswa karena tidak bertatap muka langsung dengan guru (pendidik) pada saat mengajar serta kurangnya peran orang tua dalam mengajari anak di rumah dikarenakan orang tua lebih fokus kepada pekerjaan dan orang tua tidak mengerti tentang pembelajaran online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. W., Isa, D. R., & Podungge, N. F. (2021). ’Analisis Hasil Belajar Pada Matematika Siswa Materi Matriks Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning. Euler: Jurnal Ilmiah Sains, Matimatika dan Teknologi, 9 (1), 1-5.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan pada media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dari siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Syari'ah, Tarbiyah dan Hadist. 3(1), 171-210.
Suryanti., Hastuti, S., Wahyuningsih, T., Mudasir., Kresnadipayana, D., & Wiratna, I. (2018). Heavy Metal Removal from Aqueous Solution. Using Biosurfactants Produced by Pseudomonas aeruginosa with Corn Oil as Substrate. Indonesian Journal of Chemistry, 18(3), 472 -478.
Putri, R. (2020). Indonesia dalam menghadapi masa pandemi Corona virus 2019. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20 (2), 705-709.
Mieke H., & Nyoman Sudana. 2019. Model dan Rancangan pada Pembelajaran. Malang: CV Seribu Bintang.
Pustikayasa, I. (2019). Grup Aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran . Widia Genitri: Jurnal ilmiah pendidikan, Kebudayaan Hindu dan Agama . 10(2), 53-62.
Iwan. 2019. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Masyarakat. Yogyakarta: Mire.
Zainul. (2017). Penerapan pada Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533-538.
Latief, A. (2016). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada pendidikkan kewarganegaraan pada peserta didik di sekolah smk negeri paku. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 7(1), 13-26.
Latief, A., Al Yakin, A., & Ahmad, H. (2019). Digital Classroom Untuk Meningkatkan Kemanpuan dalam Metakognisi Mahassswa Dalam Pembelajaran Pkn. Celebes Education Review, 1(2), 71-79.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2452
Article Metrics
Abstract views : 114 times | PDF - 87 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.