Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kreativitas Matematika siswa

Nurfadila Nurfadila, Herlina Ahmad, Muhammad Ali P.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kreativitas Matematika Siswa . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ma'arif Husnul Khatimah. Sampel diperoleh kelas X Jurusan Busana sebagai kelas Eksperimen yang terdiri dari 34 orang peserta didik dan kelas X Jurusan Adminitrasi Perkantoran sebagai kelas Kontrol yang terdiri dari 32 Orang Peserta didik. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kreativitas matematika siswa, lembar aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respons siswa. sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakanTes.Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik diproleh nilai rata-rata hasil Pre-test (tes awal) pada kelas eksperimen sebesar 45.79 dan hasil (tes awal) pada kelas kontrol. Sedangkan nilai rata-rata hasil (tes akhir) kelas eksperimen diperoleh 81.91 dan hasil tes akhir kelas kontrol sebesar 76.23. pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 89,04%. keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 95% dan respon siswa diperoleh lebih banyak memilih respon positif, dengan persentase 65% ke atas. Hasil Analisis statistik inferensial menggunakan Indefendent besar sampel Uji TIMAH Nilai T hitung sebesar 3,024 untuk review Nilai ttabel Yaitu 1,76 KARENA T hitung > t tabel sehingga H 0 ditolak Dan H 1 diterim. Dari hasil penelitian, terdapat pengeruh penggunaan model pembelajaran Window shopping terhadap kreativitas matematika siswa kelas X SMK Ma'arif Husnul Khatimah

Keywords


Pengaruh, model Pembelajaran Window Shopping terhadap Kreativitas matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Syah, A., Alimuddin, A., & Talib, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Pepatudzu, 15(1), 21-33.

Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Anikhatun Kholikoh. 2016. Analisis Kreativitas Siswa Dalam enyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari gaya Gognitif Field Defendent Dan field.Di Mts Muhamadiyah Sirapong. FKIP UMP 2016.

Faridatun, Titin. N. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger untuk mengembangkan Kreativitas siswa.

Hairil, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping: terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Smp Negeri 9 Parepar.Kota Parepare, (-eprints.unm.ac.id ./Artikel, Diakses 2019).

Mahrus, Agus, 2012. Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar Terhadap Kreativitas Berpikir siswa dalam Matematika (studi kasus di kelas XI IPA SMAN 1 Dukupuntang kecamatan Dukupuntang kabupaten cirebon).

Oktaviani, 2015. Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kreativitas belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika, Vol.01, No.01 Halaman 16-30(-journal.lppmunindra.ac.id/Jurnal Kajian Pendidikan/Diakses 2015).

Ismayani, A. 2016. Pengaruh Penerapan STEM education through project-based learning. www.learning.com/stem/whitepaperintegrated-STEM-throughProject-based-Learning.Diakses 20 Agustus 2019.

Sugiono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfareba.

SH Noer, 2011. Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended, Vol.5, No.1 (-ejournal.unsri.ac.id/Jurnal Penelitian Pendidikan matematika/ Diakses 2011)

Sriraman, B. 2011. The Elements of Creativity Research Journal. 18 (1). P. 93-94

Suwarno, 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbita. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media

W Rahma, 2017.pengaruh penggunaan Metode Kooperatif Window Shooping terhadap partisipasi Bimbingan Konseling klasikal.Vol.2,No.2(-i-rpp.com/jurnalpenelitian Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2455

Article Metrics

Abstract views : 195 times | PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter