ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DITINJAU DARI MONITORING ORANG TUA DALAM VIRTUAL LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTs AL WASILAH LEMO
Abstract
Hal mendasar pada penelitian ini, terletak pada kemandirian belajar siswa pada masa pembelajaran jarak jauh yang di topang oleh monitoring orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk Mendeskripsikan Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Monitoring Orang Tua Dalam Virtual Learning Pada Siswa KelasVIII MTs Al Wasilah Lemo. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII diambil 3 orang Siswa yang dipilih secara sengaja atau purposive sampling, berdasarkan 3 kategori yaitu (1) peserta didik berkemandirian tinggi, (2) berkemandirian sedang, dan (3) berkemandirian rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan wawancara. Berdasarkan dari angket yang diberikan kepada peserta didik pada subjek 1 (inisial NI) deperoleh skor total sebesar 46 dari 21 item pernyataan dengan nilai perolehan sebesar 43,81 berada pada kategori rendah. wawancara dengan orang tua NI, menunjukan hasil dimana orang tua tersebut kurang memberikan motivasi dan dorongan untuk aktif belajar. Pada peserta didik atau subjek 2 (inisial Iw) deperoleh nilai perolehan sebesar 62,85. berada pada kategori sedang. Hasil wawancara dengan orang tua Iw, menunjukan hasil dimana orang tua tersebut kurang memberikan dorongan untuk aktif belajar, cara menegurnya kurang baik, sehingga anak kurang terbuka kepada orang tua mengenai masalah tugas sekolahnya. Pada subjek 3 (inisial Fs) deperoleh nilai perolehan sebesar 83,81. berada pada kategori tinggi, sejalan dengan hasil wawancara dengan orang tua Fs, menunjukan hasil dimana orang tua tersebut sangat memperhatikan pendidikan anaknya, dengan menamkan sifat yang mandiri dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan rumah, dengan membiasakan diri mulai sejak dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.
Egok, A. S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186-199.
Fatimah, F., Syah, A., & Ekawati, D. (2019, July). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 25-29).
Fuady, M. J. (2017). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Tekno, 26(2).
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Ningsih, R., &Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajardan Perhatian Orang Tuater hadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: JurnalIlmiahPendidikan MIPA, 6(1).
Megawaty, D. A. (2020). Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 98-101.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819-826.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (pmr) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.