PENGARUH MODELPEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle yang berjumlah 62 orang dan sampelnya adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 31 orang dan kelas VII B yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes prestasi belajar matematika, lembar aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket Motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimenyaitu 58,87 dan kelas kontrol yaitu 58,12. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 82,90dan kelas kontrol 60,16. Dan juga rata-rata motivasi siswa yang termotivasi positif dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 93,39%. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang diperoleh yaitu 64,51%.Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 94,15%.Untuk motivasi siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 98,39%.Hasil perhitungan uji t untuk data posttest diperoleh data nilai sebesar 8,891. Sedangkan untuk nilai sebesar 1,670 yang berarti yaitu 8,891>1,670. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran tutor sebaya efektif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle.
Kata Kunci : pengaruh, model tutor sebaya, motivasi, prestasi belajar matematika siswa.Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle yang berjumlah 62 orang dan sampelnya adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 31 orang dan kelas VII B yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes prestasi belajar matematika, lembar aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket Motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimenyaitu 58,87 dan kelas kontrol yaitu 58,12. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 82,90dan kelas kontrol 60,16. Dan juga rata-rata motivasi siswa yang termotivasi positif dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 93,39%. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata yang diperoleh yaitu 64,51%.Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 94,15%.Untuk motivasi siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 98,39%.Hasil perhitungan uji t untuk data posttest diperoleh data nilai sebesar 8,891. Sedangkan untuk nilai sebesar 1,670 yang berarti yaitu 8,891>1,670. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran tutor sebaya efektif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle.
Kata Kunci : pengaruh, model tutor sebaya, motivasi, prestasi belajar matematika siswa.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BNSP.
Ramadhan, R., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 242-247.
Suminanto. 2010. Ayo Praktek PTK. Semarang: Rasail Media Group
Widodo, A. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas V. BASIC EDUCATION, 4(8).
Buwono, S., & Uliyant, E. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).
Djamarah. 2013. Strategi Belajar Mengajar.Rineka Cipta. Jakarta.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tiro, M. A., & Ahmar, A. S. (2014). Penelitian Eksperimen. Makassar: Andira Publisher.
Nurhidayah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pohon Matematika Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi belajar Siswa. PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics, 1(1), 17-25.
Astuti, P. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Di kelas III Semester II SDN Lumbungmas 01 Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2460
Article Metrics
Abstract views : 182 times | PDF - 123 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.