Pengaruh kecemasan sosial terhadap keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran pada program studi PPKn universitas Al Asyariah Mandar

Reskiani A.Jallaleng, Muhammad Nadir, Hasanuddin Lauda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecemasan sosial  terhadap keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran pada program studi PPKn Universitas Al Asyariah Mandar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi PPKn Universitas Al Asyariah Mandar yang berjumlah 246 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes angket sementara Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial regresi sederhana. teknik analisis deskriptif, kecemassan sosial mahasiswa program studi PPKn Universitas Al Asyariah Mandar berada pada kategori sedang dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran pada program studi PPKn Universitas Al Asyariah Mandar berada pada ketegori rendah. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai t hitung sebesar -2,944 lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel distribusi sebesar 1,075 dengan taraf signifikan 5% (-2,944>1,075) = (thitung>ttabel). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif dan siginifikan antara kecemasan sosial terhadap keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran pada program studi PPKn Universitas Al Asyariah Mandar.

 

Kata kunci:. Pengaruh; Kecemasan sosia; Keaktifan Mahsiswa.

Keywords


Pengaruh, Kecemasan Sosial, Keaktifan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Azwardi.2018. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press

Haryanti, L. P. S., & Nia, T. (2012). Efektivitas metode terapi ego state dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan publik pada mahasiswa fakultas psikologi uin syarif hidayatullah jakarta. Jurnal Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 14(1), 32-40.

Holifah, M. (2018). PERBEDAAN KECENDERUNGAN KECEMASAN SOSIAL MAHASISWA BARU YANG TINGGAL DI KOS DAN TINGGAL DENGAN ORANG TUA (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Indonesia, K. B. B. edisi ketiga. 2005. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Jatmiko, A. (2016). Sense of place dan social anxiety bagi Mahasiswa Baru Pendatang. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 161-170.

Marcellyna, Cyntia. 2017. Hubungan Antara Kecemasan Sosial Dengan Kuantitas Merokok Pada Remaja Akhir. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharam Yogyakarta.

Nugroho, S. A. (2015). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PACARMULYO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Peraturan Pemerinta.2013. Standar Nasional Pendidikan. (Online) (https:// jdhi.setkab.go.id/PUUdoc/173768/PP0322013. dikases 20 Maret 2021)

Putri, Nike Duwi.2017. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas IV SDN 109 Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Nur, S. (2016). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 8(1), 62-81.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, R & D. Alfabeta: Bandung.

Setyawan, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Jurnal Basicedu, 3(1), 187-193.

Wiyono, D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Keaktifan Mahasiswa dan Kinerja Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa: Pendekatan Partial Least Squares-Sem Analisys. Edusentris, 4(3), 128-137




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2468

Article Metrics

Abstract views : 21 times | PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter