penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Refrecentacy dengan aplikasi GeoGebra terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis

Patmawati Patmawati, Herlina Ahmad, Febryanti Febryanti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN Anreapi. Kemampuan komunikasi matematis meliputi tiga indikator yaitu (1) Menulis, (2) Menggambar, (3) Ekspresi matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN Anreapi yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) lembar observasi aktivitas siswa, dan (3) Tes kemampuan komunikasi matematis. Lembar observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan tes kemampuan komunikasi matematis siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran materi statistika dengan aplikasi GeoGebra siklus I diperoleh 63,33%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,66%. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi akivitas siswa pembelajaran materi statistika dengan aplikasi GeoGebra pada siklus I diperoleh 63,63% dan pada siklus II diperoleh 86,36%. Sedangkan hasil analisis tes kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I hanya mencapai 30,43% meningkat menjadi 34,78% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi GeoGebra pada materi statistika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di Kelas VIII A SMPN Anreapi.


Keywords


Aplikasi GeoGebra,Model pembelajaran DiskursusMultyRefrecentacy,kemampuan komunikasi matematis siswa

Full Text:

PDF

References


Adrianus,R (2019). Penggunaan Media Pembelajaran

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1).

Inayah, N. (2017). Pengaruh kemampuan penalaran matematis (mathematical Reasoning) dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi pada materi statistika siswa kelas XI IPA SMA Negeri dikota Palu. Aksioma,6(1), 37-45

Iswahyudi, 2018. (http: //math. fkip. us. ac. id/ wpcontent/ uploads/ 2014/ 07/ makalah_gatut_seminar2012.pdf) diakses pada 27Januari.

Wati, E. R. (2019). Ragam media pembelajaran.

Lestari dan Yudhanegara, 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.Refika Aditama.

Ngalimun, 2013. Strategi dan Model Pembelajaran, (Aswaja Presindo: Jogyakarta), hal.172

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35-47.

Yusuf, Y.(2017). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN UKURAN STATISTIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STATISTIK BERBANTUAN PROGRAM R (PSBR). JESA-Jurnal Edukasi Sebelas April. 1(1), 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2470

Article Metrics

Abstract views : 186 times | PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.