PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 7 BUDONG-BUDONG

Mardian Mardian, Muhammad Assaibin, Ayu Rahayu

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengertahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 7 budong-budong. jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kualitatif. penelitian ini dilaksanakan dengan membandingkan dua perlakuan kelompok yaitu penggunaan media komik. adapun tempat penelitian ini yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas VII. dilihat dari hasil belajar siswa yaitu pada nilai rata-rata pretest dan posttest siswa serta uji-t.pada kelas eksperimen ysitu 53,10, setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media komik nilai rata-rata postest siswa yaitu 81,50. sedangkan dikelas kontrol nilai rata-rata pretest 52,16, setelah diberi perlakuan dengan tidak menggunakan media komik nilai rata-rata posstest 73,34. dari perhitungan uji-t untuk data posstest untuk dua kelompok data diperoleh t hitung sebesar 3,216. sedangkan untuk nilai t tabel sebesar 1,684 yang berarti bahwa t hitung> t tabel yaitu 3,216 > 1,684. maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media komik dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII SMP 7 budong-budong.

Keywords


pengaruh, media komik, dan hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Aditya, (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Teks Deskripsi Berdasarkan Kurikulum 2013 Dikelas VII SMP Pangudi Luhur Klaten Tahun Pengajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Sanata Darma Yogyakarta

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&C. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Rivai. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Ambaryani, (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas Dan Meningkatkan Hasil Kognitif Matei Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan edukasi, 19-28




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2472

Article Metrics

Abstract views : 173 times | PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.