Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Otomotif SMK muhammadiyah Wonomulyo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh teknologi digital terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik Kelas XI Otomotif di SMK Muhammadiyah Wonomulyo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas, XI Otomotif SMK Muhammadiyah dengan jumlah 68 peserta didik. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif, proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuensioner yang tertuju pada peserta didik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh teknologi digital terhadap siswa yaitu berada pada kategori sedang yaitu sebesar 75% dan tingkat motivasi siswa berada pada kategori sedang yaitu sebesar 69,115. Dan berdasarkan hasil analisis data korelasi Terdapat pengaruh yang lemah atau rendan antara teknologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil uji hipotesis dengan statistic inferensial menunjukan hasil perhitungan lebih besar dari dengan taraf signifikan sebesar 5% ( ) dengan jumlah sampel sebesar 68. Sehingga terdapat pengaruh negatif dengan signifikan sebesar 5,22 anatar teknologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI otomotif SMK Muhammadiyah Wonomulyo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik di smk negeri paku kecamatan binuang kabupaten polewali mandar.” Papatuzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 7.1 (2016):13-26.
Sholikhah,Imro’Atus,dkk. 2018. Konsepsi Teknologi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan: (http://core.ac.uk).
Muhasim, 2017.Pengaru Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,Vol 5.2, Halaman 68 https//media.neliti.com/media/publications/223789-the-influence-of-digital-technology.
http://repository.ac.id
Ahmad Badaruddin.2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Jakarta : CV abkrealirindo.
Yuliara,I.M.(2016).Regresi Linear Sederhana.REGRESI LOINEAR SEDERHANA,13
Muhammad,Maryam. Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal 4.2 (2017) :87-97.
Putri Dwi Putri. 2013. Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Di Era Sekarang. Disertasi. Padang : Universitas Negeri Padang.
Rahadi, Dedi Rianto.2014.Pengukuran Ussbility Sistem Menggunkan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android, (Online), Vol. 6, No. 1, Halaman 665 (https://media.neliti.com/media/publications/130684-ID-,
Jannah,Raudhatul,dkk.2020.DampakPengaruh Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Anak SD Negeri 054876 Cinta Dapat,(Online),Vol 1,No 1, Halaman55,(https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.
Junadi Moh, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Discovery berbantukan lmbar Kerja Siswa Pada Siswa Kelas 6 SDN I Katekan Semester 1 2013-2014. SalaTiga : Univrsitas Kristen Satya Wacana.
Sugiyono,Prof, Dr, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung : Penerbit Alfabeta
Muqhniny Keumala Cut, Amna Zaujatul. 2016.Perbedaan Psychological Well-Being Pada Remaja Obesitas Dengan Remaja Yang Memiliki Berat Badan Normal, Vol 1,No 3.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2479
Article Metrics
Abstract views : 1253 times | PDF - 253 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.