Terakreditasi Nasional(SINTA 5) Berdasarkan SK. Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 10/C/C3/DT.05.00/2025, tanggal 21 Maret 2025.
Efektivitas Alat Peraga Logika Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 01 Sumarorong
Jepri Jepri, Herlina Ahmad, Reskiah Reskiah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan alat peraga logika matematika, dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada materi “Konsep Logika Matematika (pernyataan)” yang telah di laksanakan di SMK Negeri 01 Sumarorong. Dalam penelitian ini peneliti telah merangkum data-data hasil belajar, aktifitas peserta didik, dan respon dari peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 01 Sumarorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan satu kelompok atau kelas. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah, peserta didik kelas X (sepuluh) SMK Negeri 01 Sumarorong semester genap tahun ajaran 2020-2021 sebanyak 35 orang. Pengumpulan data di lakukan melalui tes, lembar observasi dan angket. Data hasil penelitian, di analisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil analisis deskriptif pada kelas X TKJ di peroleh nilai rata-rata 87% > KKM atau mencapai ketuntasan klasikal 80%. Dan berdasarkan analisis terhadap non test di peroleh data aktivitas peserta didik pada kelas X TKJ memenuhi kriteria kefeefektifan yaitu mencapai 91%. Dan respon peserta didik berada pada kategori positif dengan nilai rata-rata 94%. Dan dapat di simpulkan bahwa alat peraga logika matematika mampu meningkatkan (efektif) hasil belajar peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 01 Sumarorong pada materi “Konsep Logika Matematika (pernyataan)” dan mampu membuat peserta didik semangat dalam mengerjakan soal-soal logika matematika (pernyataan)”.
Abdallah, O. (2015). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Mapen, 1 (7).
AHMAD, H. (2014). DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MEMANFAATKAN MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KELAS XA SMK BINA GENERASI POLEWALI. Jurnal Pepatuzdu, 7 (1).
Amin, M. (2019). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Jurnal UNM, 2 (3).
Astuti, G. d. (2016). kemampuan guru matematika mempertahankan substansi materi melalui proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1).
Elsa, S. (2018). Teori belajar dan pembelajaran inovatif. SIBUKU, 2 (1).
Hastarjo, D. (2020). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Yogyakarta: UGM Press.
Marlina. (2012). media pembelajaran sebagai alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang sengaja digunakan sebagai perantara guru dan siswa dalam memahami materi. Jurnal UNM, 3 (1).
Mifta, M. (2019). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR SISWA. Jurnal Kwangsan, 2 (1).
Munandar, A. (2013). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal EKonomi dan Pendidikan, 9 (3).
Nikhmah. (2018). Analisis adaptive reasoning proficiency mahasiswa melalui implementasi teori conditioningreinforcementscaffolding (CRS) pada mata kuliah analisis real. JP3M, 2 (3).