Efektivitas Penerapan Metode Participatory Rural Appraisal (PRA) Dalam Meningkatkan Partisipatif Fungsional Kelompok Tani Pada Usaha Perkebunan Nanas Aribang Di Desa Pasiang Kecamatan Matakali Kabupaten POLMAN

Musdalifah Musdalifah, Syamsu Alam Hamid, Ade Rahayu

Abstract


Pada umumnya adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  jenis prosedur penelitian yang bersifat gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Terdapat pula jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 28 orang anggota kelompok tani. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan observasi. Dan adapula teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui teknik tes kuesioner kemudian menggunakan analisis data dilakukan dengan teknik uji statistik rumus distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ini menunjukkan bahwa tingkat partisipatif fungsional kelompok tani usaha nanas Aribang ini memperoleh nilai kategori yang cukup berpartisipatif dapat dilihat bahwa rata-rata hasil rekapitulasi nilai angket responden setelah sebesar 1.807:28 = 64,53 atau berada pada rentang nilai ≤ 55-60 dengan memperoleh kategori kurang diterapkan partisipatif  fungsional kelompok tani dalam usaha perkebunan nanas Aribang dengan jumlah nilai frekuensi yang diperoleh sebanyak 33,06 responden atau sebesar 10,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok Tani Nanas Aribang dalam pengelolaan usaha perkebunan nanas bogor dengan berbagai pihak yang berwenang.

 

Kata kunci: Efektivitas, Fungsional, Kelompok Tani, Partisipatif.


Keywords


Efektivitas, Fungsional, Kelompok Tani, Partisipatif

Full Text:

PDF

References


Adi Fahudin. Pemberdayaan, Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humoniora

Chambers, Robert. (Ed.). (1996). Memahami Desa Secara Partisipatif. (Eds.). Yogyakarta: Kanisius dan Oxfam

Departemen Pertanian. (2007). Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 237/Kpts/OT.160/4/2007/Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Tani, dan Gabungan Kelompok Tani

Edi Suharto. (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama

Fikhbosua. (2018). “Teori dan Teknik Pemberdayaan Masyarakat” (Online). Retrieved from http://fikhbosua.blogspot.co.id/2012/03/Teori-dan-Teknik Pemberdayaan.html

Sumodiningrat Gunawan. (1999). Pemberdayaan Masyarakat dan JPS. Jakarta: Pustaka Utama

Winardi, J. (2003). Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kedi Suradisastra. (2008). Forum Penelitian Agro Ekonomi. Strategi Pemberdayaan Kelembagaan Petani, 2 (26). Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Bogor: Kementerian Pertanian.

Purwaningsi. Y. (2008). Ketahanan Pangan: Situasi, Permasalahan, Kebijakan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Ekonomi Pembangunan, 1(9).

Hamid, S. A., & Latief, A. (2016). Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Analisis Pendampingan Pelaksanaan Community Base Management (Cbm) Pada Program Coral Reef Rehabilitation and Management (Coremap) Di Kawasan Taman Nasional Takabonerate Selayar, 10(1). 85-96.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2496

Article Metrics

Abstract views : 12 times | PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter