ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS KELAS XI SMK NEGERI 1 POLEWALI

Muammar Muammar, Muhammad Ali P, Ashari Najib

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada kelas XI SMK Negeri 1 Polewali.  Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri, karena penelitian merupakan pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara mendalam. Instrumen dalam penelitian menggunakan tes diagnostik dan pedoman wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriktif kualitatif dengan tahap. Redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk pengelolaan data statistik nampak tingkat kategori menyelesaikan soal hots dari 43 orang peserta didik diperoleh bahwa yang berada pada kategori tinggi sebesar 25,58% dari 11 orang peserta didik, untuk kategori sedang sebesar 55,82 % atau sebanyak 24 orang peserta didik, dan untuk kategori rendah sebesar 18,60 atau sebanyak 8 orang peserta didik. Berdasarka tabel pengkategorian soal hots memperlihatkan bahwa peserta didik kela XI Akutansi 3 SMK Negeri 1 Polewali, berada dalam kategori sedang

Keywords


Analisis Kesalahan, Kesalahan Peserta Didik, Penyelesaian Soal HOTS

Full Text:

PDF

References


Aydin, N., Yilmaz, A. (2010,58). The effect of constructivist approach in chemistry education on students' higher order cognitive skills. Journal of Education, (58),

Conklin, W. (2012, 14). Strategies for Developing Higher-Order Thinking Skills, Grades 6-12: Grades 6-12. Shell Educatio

Dzulfikar, A., Asikin, M., & Hendikawati, P. (2012 ,23 ).

Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).

Eva Wulanningtyas, Melania. (2011, 10). Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Kanisius Pakem dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Topik Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Fatimah, F., Syah, A., & Ekawati, D. (2019, 26-27, July). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 25-29).

Haryati, Tuti. (2015, 9). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Parama Publising.

Rosnawati, R. (2013,3). Kemampuan penalaran matematika

siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18, pp. 1-6).

Sani. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono (2010, 15). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfab




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.2507

Article Metrics

Abstract views : 120 times | PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.