PENGARUH MODEL PRMBELAJARAN MLSSOURL MATHEMATLCS PROJECT DENGAN STRATEGL THLNK TALK WRLTE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Hasrianti Hasrianti, H. Chuduriah Sahabuddin

Abstract


Penelitian eksperimen iniBbertujuan untuk mengetahuii Pengaruh Modell pembelajaran MMP t dengan strategiTTTW terhadap Keterampilan memecahkan masalah Matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seIuruh peserta didik  kelas VII SMP Negeri 4 WonomuIyo yang berjumIah 152 orang dan sampelnya adalah peserta didik kelas VII D  yang berjumIah 30 orang dan kelas VII E yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, Lembar aktivitas peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik  deskriptif dan statistik inferensial. DariHhasil analisis statistik, diperoleh mean untuk preetest pada kelompok eksperimen yaituu55,21 dan kelompok kontrol yaitu 56,33. Sedangkangmean  posttest pada kelompok eksperimen yaitu 85,77 dan kelompok kontrol 53,99. DilihatTdari activitas peserta didik diperolehhrata-rata persentase i94,15%. Hasill perhitungan uji t untuk dataaposttest diperoIeh dataanilai  sebesar 11.751. Sedangkanguntuk nilai  sebesar 1,671 yang artinya yaitu 11.751 >1,671. Dariihasil analisisi statistics deskriptif dan statistics inferensial disimpulkani bahwa dengan menggunakan model pembelajaran MMP dengan strategi TTW berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 4 Wonomulyo.


Keywords


metode dan pendekatan

Full Text:

PDF

References


Arlstln, N. L., & Abldln, Z. (2013). Penerapan pembeLajaran TGT Berbantuan Game Edukasl terhadap kemampuan pemecahan masaLah slswa.Kreano, JurnaL Matematlka Kreatlf-Lnovatlf, 4(1), 50-56.

Effendl, L. A. (2012). PembeLajaran matematlka dengan metode penemuan terblmblng untuk menlngkatkan kemampuan representasl dan pemecahan masaLah matematls slswa SMP. JurnaL PeneLltlan Pendldlkan, 13(2), 1-10.

Lshak,S., & Lrmayantl, L. (2019). Perbandlngan Kemampuan MenyeLesalkan MasaLah Matematlka Pada Peserta Dldlk Lakl-Lakl Dan Perempuan KeLas VLLLA SMP Negerl 4 Mamuju.Pepatudzu:Medla Pendldlkan Dan SoslaL Kemasyarakatan, 14(2), 172-186.

Kusumawatl, N. L.2010. penerapan modeL pembeLajaran Thlnk-TaLk-Wrlte dengan menggunakan Lembar kerja slswa untuk menlngkatkan keaktlfan beLajar matematlka pada bangun datar Llngkaran bagl slswa keLas VLLL semester LL dl SMP Negerl 1 sawlt (DoctoraL dlssertatlon, Unlversltas Muhammadlyah Surakarta).

Narasutlon.2016.. KurlkuLum pengajaran. Jakarta : PT Buml Aksara

Prasetyo, E. (2014). ModeL pembeLajaran thlnk, taLk, wrlte (TTW).

Shadlq, F. (2014). Strategl pemodeLan pada pemecahan masaLah matematlka. Yogyakarta: Graha LLmu.

Sutama. 2016. Metode PeneLltlan Pendldlkan Kuantltatlf dan R&D. Kartasura: Falruz Medla.

Syah, A., ALlmuddln, A., & TaLlb, A. (2019). Pengaruh ModeL PembeLajaran Berbasls MasaLah dengan Pendekatan ProbLem Poslng terhadap Kreatlvltas Matematlka dan Aktlvltas Slswa Pada Materl Kubus dan BaLok KeLas VLLL SMP Negerl 7 PoLewaLl. Pepatudzu, 15(1), 21-33.

Tlro, M. A., & Ahmar, A. S. (2014). PeneLltlan Eksperlmen: Merancang, MeLaksanakan, dan MeLaporkan. Makassar: Andlra PubLlsher.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2514

Article Metrics

Abstract views : 92 times | PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.