Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Masa Pandemi Covid-19 Di Rsud Polewali

Muh Said Mukharrim, Rahmatilla Rahmatilla, Urwatil Wusqa Abidin

Abstract


Tujuan pada penelitian ini ialah agar memahami pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2021 berdasarkan 5 dimensi mutu pelayanan yakni bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), cepat tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), kepedulian (empathy). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain penelitian crossectional pendekatan survei analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kabupaten Polewali Mandar yang melakukan kunjungan  rawat inap ruangan Asoka pada bulan Oktober Tahun 2020 – Bulan Maret Tahun 2021  sebanyak 161 pasien dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square dan uji fisher exact test  diperoleh nilai ρ = 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya, ada pengaruh antara mutu pelayanan kesehatan terhadap  kepuasan pasien rawat inap masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar


Keywords


Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan, Polewali Mandar.

Full Text:

PDF

References


Budiarto. (2013). Perbaikan Kualitas Permukaan Baja JIS S45C. Jurnal ilmiah mikrotek, 2 (2).

Farmaka. (2017). Kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dapat diamati melalui kinerja professional dari personil rumah sakit. Jurnal MKMI, Vol 7 No. 1.

Hastuti, S. K. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Volume 11, Issue 2.

Ilham, M. (2018). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Ditinjau dari Aspek Input Rumah Sakit di Instalasi Rawat Inap RSU Haji Makassar. Jurnal MKMI, Vol 7 No.1.

Indonesia, K. R. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian coronavirus disease (covid-19). Jakarta, Indonesia.

Muninjaya, A. A. G. (2011). Manajemen mutu pelayanan kesehatan.

Muninjaya, G. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Jakarta: EGC.

Organization, W. H. (2020). Materi Komunikasi Risiko COVID-19 untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan. World Health Organization, 1–11.

Organization, W. H. (2021). Working for health: a review of the relevance and effectiveness of the five-year action plan for health employment and inclusive economic growth (2017-2021) and ILO-OECD-WHO Working for Health programme.

Saleh, D. (2015). INDEKS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN POLEWALI MANDAR. KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, Vol 1, No 1.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi penelitian keperawatan.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1).

Syamsul, M. (2020). Strategi dalam Menghadapi Tantangan Kesehatan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas, 2 (4).

Ulumiyah, N. ( 2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1 (4).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2519

Article Metrics

Abstract views : 74 times | PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter