PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI CRITICAL INCIDENT PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMKS ARMIDA ABDULLADIN

Eka Fitriawati, Andriani Andriani, Naim Irmayani

Abstract


Landasan dari ujian ini tergantung pada akibat dari persepsi yang dibuat oleh para ilmuwan bahwa kemampuan mengarang siswa kelas X SMKS Armida Abdulladin sangat rendah, khususnya pada materi syair. Jenis eksplorasi yang digunakan adalah penelitian kegiatan ruang belajar (Vehicle). Alasan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan kemampuan mengarang syair melalui prosedur Episode Dasar siswa kelas X SMKS Armida Abdulladin. Prosedur pengumpulan informasi dalam penyelidikan ini adalah pemeriksaan persepsi dan tes. Instrumen pemeriksaan yang digunakan adalah persepsi, dokumentasi dan tes. Metode penyelidikan informasi adalah dengan membedah informasi, mengurangi informasi, memperkenalkan dan menutup hasil pemeriksaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tergantung dari hasil pemeriksaan terukur yang dilakukan oleh analis, nilai normal kemampuan menyusun syair pola dasar siswa dengan teknik Basic Episode adalah 73,18, setelah dilakukan sistem pembelajaran pada siklus II skor normal siswa meningkat menjadi 87,00. sehingga pada akhirnya pemanfaatan Prosedur Kejadian Dasar dapat lebih mengembangkan kemampuan mengarang syair siswa kelas 10 SMKS Armida Abdulladin. Meskipun terjadi perubahan mentalitas dan berada pada derajat penguasaan materi antara 89% berada pada kelas yang dapat diterima putus dari siklus I dan siklus II sehingga seharusnya ujian ini efektif.


Keywords


Perbaikan Penulisan, Kemunculan Dasar, Syair.

Full Text:

PDF

References


Adi D, 2001. Instruksi Berasal Dari Tingkat Kata Esensial Yang Berarti Lapisan-Lapisan Sesuatu Yang Diciptakan.

Daryono, 2012. Kualitas Peneliti Ayat.

Harosid, 2017. Program pendidikan merupakan sekumpulan rencana dan tindakan bagi para pengajar.

Hudson, 2009. Mengungkap Ayat Itu Adalah Salah Satu Bagian Dari Penulisan Cerdik news.Com/Pengertian Ayat.

Sederhana. 2011. Ada dua komponen pembentuk syair, yaitu komponen aktual dan komponen batin.

Maheasy.2011. Bahasa alegoris atau hiperbola adalah bahasa yang digunakan oleh penulis media. Penyelidikan.

Miharadja Ratih. 2012. Syair Adalah Karya Tersusun Dimana Bahasa Dimanfaatkan Karena Kualitasnya Yang Bercita rasa Untuk Menambahnya.

Pradopo, Ahmad Jhoko. 2009. Penilaian Ayat. Yogyakarta : Pers Perguruan Tinggi Gadjah Mada

Pranoto, N. 2004. Tulisan Eksplorasi 72 Tata Cara Pembuatan Karya. Jakarta : PT Pimadia Pustaka

Pranoto. 2004. Menulis Berarti Menuangkan Pertimbangan-Pertimbangan Pada Provinsi Menulis Atau Menyarankan Sesuatu Kepada Orang Lain. Melalui Penulisan Penulisan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2535

Article Metrics

Abstract views : 7 times | PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter