PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 WONOMULYO

Nurmayanti Nahar, Herlina Ahmad, Ashari Najib

Abstract


Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CPS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik  kelas VII SMP Negeri 4 Wonomulyo yang berjumlah 218 orang dan sampelnya adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar aktivitas peserta didik, dan keterlaksanaan pembelajaran peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 48,95 dan kelas kontrol 56,56. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 87,49 dan kelas kontrol 57,42. Dari hasil analisis statistik,  aktivitas peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase 94,46% (sangat aktif) dan kelas kontrol diperoleh rat-rata persentase 73,96%(aktif).Berdasarkan hasil analisis statistik,  keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase 97,22%(sangat baik) dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 88,88%(sangat baik). Hasil perhitungan uji t untuk data posttest diperoleh data nilai  sebesar 13,059. Sedangkan untuk nilai  sebesar 1,670 yang berarti  yaitu 13,059 >1,670. Dari hasil  analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CPS terhadap pemahman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Wonomulyo berpengaruh.


Keywords


Pengaruh, Model CPS, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Full Text:

PDF

References


Asrul, et al., (2015), Evaluasi Pembelajaran, Bandung : Citapustaka Media

Ibrahim, A. (2011). Effect of shadow and dust on the performance of silicon solar cell. Journal of Basic and applied scientific research, 1(3), 222-230.

Istarani & Ridwan, M. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada

Mina, F., & Ahmad, H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi yang Terintegrasi Nilai- Nilai Islami . Prosiding Si MaNIs (Seminar Nasional Integrasi ) 378-383

Megawati, H. 2011. “Creative Problem Solving, media visual Slide Projektor dan Pemahaman Konsep”, jurnal STAIN Malikussaleh, Lhokseumawe

Purwanto, (2017), Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, hal. 50.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Jakarta, hal. 6.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BNSP.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.2546

Article Metrics

Abstract views : 147 times | PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.