HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KETIDAKPATUHAN MASYARAKAT MENGIKUTI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID 19 DI LINGKUNGAN MATAKALI, KELURAHAN MATAKALI

Urwatil Wusqa Abidin, Muh. Said Mukharrim, St. Aisyah AR

Abstract


Di awal tahun 2020, hampir semua negara di dunia dihebohkan dengan adanya pandemi Covid 19 yang menyita perhatian semua pihak. Ratusan ribu terinfeksi dan ribuan meninggal. Tuntutan utama untuk interaksi intensif antara manusia dibatasi oleh kebijakan sehingga memicu ketidakpatuhan masyarakat. Menghadapi kebijakan PSBB, respons publik tampaknya berbeda. Khususnya di lingkungan matakali, sebagian besar masyarakat yang melakukan banyak aktivitas masih keluar masuk kawasan pemukiman tanpa mengikuti protokol yang direkomendasikan. Untuk mengetahui Hubungan pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap ketidakpatuhan protokol kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian cross sectional, yaitu mengamati variabel bebas dan variabel terikat dalam periode waktu yang sama, dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap ketidakpatuhan masyarakat mengikuti protokol kesehatan. Hasil analisis hubungan antara pengetahuan dengan ketidakpatuhan dapat di ketauhi Berdasarkan hasil P Value = 0.000 (<0.05)  menunjukan adanya hubungan yang bermakna. Dan Hasil analisis hubungan antara sikap dengan ketidakpatuhan Berdasarkan hasil P Value = 0.000 (<0.05) menunjukan adanya hubungan yang bermakna antara variabel sikap dengan variabel ketidakpatuhan. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus memberikan kejelasan dan kepastian hukum atas kebijakan yang diterbitkan terkait hal-hal yang berkaitan dengan perjanjian kesehatan. Institusi kesehatan harus terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.


Keywords


Pengetahuan, sikap, Ketidakpatuhan, Covid 19.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amiruddin, R. (2019). Kebijakan dan Respons Epidemik Penyakit Menular. PT Penerbit IPB Press.

El-Umammi, M. K. (2018). KEPATUHAN PETUGAS LABORATORIUM DALAM PENERAPAN QUALITY CONTROL DENGAN MUTU HASIL PEMERIKSAAN LABORATORIUM DI RSUD AM PARIKESIT TENGGARONG KALIMANTAN TIMUR. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.

Hasmi, D., & SKM, M. K. (2016). Metode Penelitian Kesehatan. Jayapura: Penerbit IN MEDIA.

Idris, U., & Muttaqin, M. Z. (2021). Pandemi di Ibu Pertiwi: Kajian Literatur “Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia.” Syiah Kuala University Press.

Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan.

Organization, W. H. (2020). Getting your workplace ready for COVID-19: how COVID-19 spreads, 19 March 2020. World Health Organization.

Putri, P. K. D. (2012). Pengaruh tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap dan terpaan iklan layanan masyarakat KB versi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu di TV terhadap perilaku KB pada wanita atau pria dalam usia subur. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 46–56.

Rahman, A. A., Azizah, N., Kurniadewi, E., & Sunardi, I. (n.d.). Faktor-faktor psikososial dari ketidakpatuhan masyarakat.

Indirawati, E., Indirawati, E., Sukmawati, S., & Soerachmad, Y. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penjual Makanan Online terhadap Penggunaan Wadah Styrofoam di Wonomulyo. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 59-70.

Sukmawati, S., & Dahlan, M. (2022). Manajemen Pengelolaan Limbah Rumah Sakit Umum Daerah Polewali di Masa Pandemi Covid-19. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 5(2), 180-189.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2587

Article Metrics

Abstract views : 7 times | PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter