Pengaruh Model Double Loop Problem Solving Tehadap Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Campalagiang

Maya Kartina, Reskiah Reskiah, Ahmad Syah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruangl. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 AMPALAGIAN dan sampelnya adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran dan lembar observasi. Untuk pengolahan data yang terkumpul digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil analisi deskriptif diperoleh hasil tes akhir (posttest) yaitu rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen sebesar 76,94 sedangkan rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas kontrol sebesar 71,63. Hasil perhitungan uji-t diperoleh sebesar 3,381 dan sebesar 1,669 berarti yaitu 3,381 1,669. Selanjutnya dari signifikan 0,001 untuk = 0,05 terlihat bahwa sig 0,05. Dari hasil analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran double loop problem solving berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa VIII SMP negeri 3 campalagian.


Keywords


Pengaruh ; Model Double Loop Problem Solving ; Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


Ahmad,H(20160.peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik pada materi operasi aljabar melalui model pembelajaran kooperatif tipe match di kelas VIII C SMP negeri 1 malunda.pepatuzudu:media pendidikan sosial kemasyarakatan,9(1),62-71S

Arum,W.F.(2017)pengaruh model pembelajaran double loop problem solving dan prolem posing pada materi fluida.teknika STTKD;jurnal teknik,eletronika,engine,4(2)40-50

Fatimah,F.,ahmad H.,& Nurlyana,N.(2021).pengaruh pendekatan resource based learning terhadap kemampuan penalaran dan pembuktian matematissiswa kelas X MIPA SMA NEGERI 1 WONOMULYO, JPMI (jurnal pembelajaran matematika inovatif)4(2),394-404

Huda,S.B,& Alam,M.S(2014).Kragagalan metakognitif mahasiswa dalam pemecahan masalah matematika.SKRIPSI mahasiswa.UM

Ilyas,R.(2019). Efektivitas Model Pembelajaran Icare Dengan Penerapan Pte Konsep Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PEDAMATH Journal On Pedagogical Mathematics,2(1), 56-59

Ilyas,R. (2019) Improvement Of Students' Mathematics Results Through ICARE Learning Model By Implementing The Concept Map, Universal Journal Of Educational Research 8(2): 574-582

Ishak,S., & Halimah,H. (2019,July). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. In Journal Peqguruang: Conference Series(VOL. 1, No. 2, Pp. 34-37)

Syah,A.,Alimuddin,A.,& talib,A.92019).pengaruh model pembelajaran berbasisis masalah dengan pendekatan problem posing terhadap aktivitas matematika dan aktivitas siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP negeri 7 polewali pepatudzu.15(1),21-33




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2592

Article Metrics

Abstract views : 224 times | PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.