PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK BERBASIS WEB
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran empiris tentang efektif tidaknya penerapan metode pembelajaran Speed Reading dengan tekhnik Scanning terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumarorong, Kabupaten Mamasa. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sumarorong . sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yang terdiri dari 2 kelas. Satu sebagai kelas eksperimen (Kelas VIIIa), yang diajar dengan metode pembelajaran Speed Reading dengan tekhnik Scanning,dan satu kelas sebagai kelas kontrol (Kelas VIIIb) yang diajar dengan metode konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-post test control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes hasil membaca kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan memperhatikan ruang lingkup materi pokok bahasan “wacana”. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inverensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca yang dicapai peserta didik kelas eksperimen (melalui metode pembelajaran Speed Reading dengan teknik Scanning) mempunyai nilai rata-rata 69,43 yang berada pada kategori sedang, sedangkan peserta didik kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 58,48 yang berada pada kategori rendah. Kemudian hasil analisis inferensial pada taraf signifikan α=0,05 menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca yang dicapai peserta didik kelas VIII SMP Negri 1 Sumarorong , efektive setelah penerapan metode pembelajaran Speed Reading dengan Tekhnik Scanning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,Suharsimi.Edisi Revisi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. jakarta :PT.Rineka Cipta
Muthmainnah, Muthmainnah. "Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Peserta Didik Kelas Ixf SMP Negeri 2 Campalagian." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 12.1 (2017): 63-74.
Yunus, Nur Hafsah. "Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Dengan Menggunakan Metode Team Product." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 14.1 (2018): 74-84.
Rasbunhany,Isnan.2008.Pengembangan Keterampilan Membaca. FKIP: Universitas Muhammadiyah Makassar
Rosita Ita. 2014. Efektifitas metode pembelajaran type index card match terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas VIII SMP N 1 Matakali.proposal skripsi:Universitas Al Asyariah Mandar
Azis, Sulihin. "Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunaka Metode Berita Televisi pada Peserta Didik Kelas VIIII Asmp Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 8.1 (2016): 82-93.
Wainright,Gordon.2006.Speed Reading Better Recalling.Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama
Tone, Kamaruddin. 2018. Panduan Penulisan Skripsi. Polewali Mandar :Universitas Al asyariah Mandar
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2607
Article Metrics
Abstract views : 186 times | PDF - 111 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.