PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 POLEWALI

Ira Ira, Muh Izabi Alis Pindi, Fatimah Fatimah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 5 Polewali.penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan pada siklus ,memiliki 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Polewali yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari : (1)lembar observasi keterlaksaan peneliti (2) lembar observasi aktivita peserta didik (3) tes kemampuan hasil belajar. Lembar observasi dianalilsis secara kualitatif sedangkan tes kemampuan hasil belajar dianalisis secara kuantutatif dengan menggunkan analisis deskriptif.Berdasarkan pembelajaran model Blended Learning siklus I diperoleh 63,80% pada siklus II mengalami peningkatan 88,25%. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi aktivitas peserta didik, diperoleh pada siklus I 61,57% dan pada siklus II diperoleh 93,01% sedangkan hasil analisis  tes hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I hanya 40% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Bersarkan analisi data diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika bilanan bulat dan pecahan pada peserta didik kelas VII

Keywords


hasil belajar, Blended Learnin

Full Text:

PDF

References


Alfath, S. N. (2013). Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Web Enhanced Course pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 Jurusan Fisika Unnes (Doctoral dissertation, Unnes).

Hendriana, dkk, (2014). Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas: suatu karya tulis ilmiah.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh pembelajaran bauran (Blended Learning) terhadap motivasi siswa pada materi relasi dan fungsi. JIPMat, 2(1).

Ibrahim, N. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Blended Learning Dan Motivasi Berprestasi Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26(XVII), 95-102.

Ibadullah Malawi & Ani kadarwati, Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi ) (Magetan: CV AE Grafika, 2017), hal 96

Novellia, m. 2018. Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk peningkatan kemampuan wahjudi, e. (2015). Penerapan discovery learning dalam pembelajaran ipa sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas ix-i di smp negeri 1 kalianget. Jurnal lensa, 5(1), 1-15.

Rusman, B., & berbasis Komputer, P. (2013). Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Slameto, B., & yang Mempengaruhinya, F. F. (2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian hasil belajar dengan teknik nontes. Yogyakarta: Universitas

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Wahjudi, E. 2015.Penerapan discovery learning dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalinget. Jurnal Lensa, 5(1), 1-15




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2619

Article Metrics

Abstract views : 165 times | PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.