IMPLEMENTASI GAYA BELAJAR VARK DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh penerapan gaya belajar model VARK dengan media pembelajaran berbasis online terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian praeksperimen yang menggunakan satu kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Poluasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 5 Wonomulyo dan dengan teknik random sampling diperoleh sampel pada kelas VIII B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kamampuan pemahaman konsep dan tes pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa data pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa bersdistrubusi normal, serta berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa implementasi model belajar VARK dengan media pembelajaran berbasis online berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan maslah matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S., Syastra, M.T. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Jurnal, 3(2).
Anggarawan, A. 2019. Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal MATRIK, 18(2).
Chulaelah, S.Y. (2017). Penerapan Metode e-Learning Berdsarkan Gaya Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Komputer Terapan, 3(2), 241-250.
Fadhila, E.H., Dwina, F., & Murni, D. 2014. Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Hadi, S., & Kasum, M.U., 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1).
Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3).
Hidayat, T., Rahmatan, H., & Khairil, K. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet pada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 4(1), 1-7.
Ismantohadi, E., Nugroho, L.E., & Kusumawardani, S.S. 2015. Prototipe Sistem E-Learning dengan Pendekatan Gaya Belajar VARK (Kasus Politeknik Indramayu). JNTETI, 4(3).
Masnur, M. (2020). Peningkatan Kreativitas Matematika melalui Model Vark-Fleming pada Siswa Kelas V SDN 8 Tampaan. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-10.
Mawaddah, S., Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT, 4(1).
Mayarnimar, T. (2017). Validity Analysis Of The Vark (Visual, Auditory, Readwrite, And Kinesthetic) Model–Based Basic Reading And Writing Instructional Materials For The 1st Grade Students Of Elementary School. Lecturers of Primary School Teacher Education, the Faculty of Education, State University of Padang.
Nurhayati, E. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3).
Purwanti, R.D., Pratiwi, D.D., & Rinaldi, A. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Riesa, I.G.A.A., Wahyuni, D.S., & Darmawiguna, I.G.M. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran VARK (Visual, Aurak, Read/Write, Kinesthetic) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Kelas XI di SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014.Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 3(3).
Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).
Suryani, N. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Prosiding Workshop Nasional, Universitas Sebelas Maret.
Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2).
Widharyanto, B. (2017). Gaya Belajar Model VARK dan Implementasinya dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. International Communication Through Language, Literature, and Arts, 69-84.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v3i2.2710
Article Metrics
Abstract views : 987 times | PDF - 338 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.