KEMAMPUAN MENGUBAH KALIMAT MAYOR MENJADI KALIMAT MINOR MELALUI METODE DIRECT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA MA IZZATUL MA’ARIF TAPPINA

Ahmad Al Yakin, Muhammad Nadri, RINA RINA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina polewali yang berjumlah 23 orang peserta didik. Dalam menentukan kalimat mayor menjadi kalimat minor melalui metode direct Instruction. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina yang berjumlah 23 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berdasarkan dari hasil analisis peserta didik terhadap kemampuan mengubah kalimat mayor menjadi kalimat minor.Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina mampu dalam menentukan kalimat mayor menjadi kalimat minor melalui metode direct Instruction. Hal ini terlihat dari 23 peserta didik, hanya 18 peserta didik atau sebesar 84 persen yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 5 orang peserta didik atau sebesar 16 persen belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM)

 


Keywords


kalimat mayor, kalimat minor, metode Direct Instruction.

Full Text:

PDF

References


Azis, S. (2016). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada peserta didik kelas VIIIb SMP negeri 1 wonomulyo kec. wonomulyo kab. polewali mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 68-84.

Alwi, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hawa, H., Sahabuddin, C., & Muthmainnah, M. (2020, November). Pengaruh Media Movie Maker Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Tinambung. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 2, pp. 370-373).

Moleong, 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,(Jakarta : Rineka Cipta,2014), cet. Ke-4, hlm.45Badan Pusat Statistik Kabupaten Labuhan batu Selatan

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Rosdakarya: Bandung.

Moeleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Putrayasa, I. B., & Novitasari, R. (2012). Tata kalimat bahasa Indonesia. Refika Aditama.

Sasangka, Sry Sastra T.W. 2015. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumandi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Yani, A., Fatimah, F., & Azis, A. (2020, December). Peningkatan Keterampilan Menulis Berita Melalu Penerpan Teknik 3m (Melihat, Meniru, Dan Mengembangkan) Di SMP Negeri 4 Tapalang Barat. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 2, pp. 25-31).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.2787

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter