KEMAMPUAN MENGUBAH KALIMAT MAYOR MENJADI KALIMAT MINOR MELALUI METODE DIRECT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPA MA IZZATUL MA’ARIF TAPPINA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina polewali yang berjumlah 23 orang peserta didik. Dalam menentukan kalimat mayor menjadi kalimat minor melalui metode direct Instruction. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina yang berjumlah 23 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berdasarkan dari hasil analisis peserta didik terhadap kemampuan mengubah kalimat mayor menjadi kalimat minor.Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik kelas X IPA MA Izzatul Ma’arif Tappina mampu dalam menentukan kalimat mayor menjadi kalimat minor melalui metode direct Instruction. Hal ini terlihat dari 23 peserta didik, hanya 18 peserta didik atau sebesar 84 persen yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 5 orang peserta didik atau sebesar 16 persen belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, S. (2016). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada peserta didik kelas VIIIb SMP negeri 1 wonomulyo kec. wonomulyo kab. polewali mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 68-84.
Alwi, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta : Rineka Cipta.
Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hawa, H., Sahabuddin, C., & Muthmainnah, M. (2020, November). Pengaruh Media Movie Maker Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Tinambung. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 2, pp. 370-373).
Moleong, 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,(Jakarta : Rineka Cipta,2014), cet. Ke-4, hlm.45Badan Pusat Statistik Kabupaten Labuhan batu Selatan
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Rosdakarya: Bandung.
Moeleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Putrayasa, I. B., & Novitasari, R. (2012). Tata kalimat bahasa Indonesia. Refika Aditama.
Sasangka, Sry Sastra T.W. 2015. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta: Bandung.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumandi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Yani, A., Fatimah, F., & Azis, A. (2020, December). Peningkatan Keterampilan Menulis Berita Melalu Penerpan Teknik 3m (Melihat, Meniru, Dan Mengembangkan) Di SMP Negeri 4 Tapalang Barat. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 2, No. 2, pp. 25-31).

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.