PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Adam Syahrul, SYARLI SYARLI, CIPTA RIANG SARI

Abstract


Kurangnya minat belajar siswa dan proses belajar mengajar yang kurang efektif dan interaktif adalah dampak dari kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia. Nyatanya, hanya buku pedoman dan LKS yang menjadi sarana pembantu dalam proses pengajaran saat ini. Teknologi augmented reality adalah solusi dalam membantu menyelesaikan masalah tersebut. Media pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan media teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang digunakan untuk merealisasikan dunia virtual ke dalam dunia nyata secara real-time. Organ pencernaan manusia terdiri atas Mulut, Kerongkongan atau esofagus, Lambung, Usus halus, dan Usus besar. Menggunakan Augmented Reality yang mampu merealisasikan dunia virtual ke dunia nyata, dapat mengubah objek-objek tersebut menjadi objek 3D, sehingga metode pembelajaran tidaklah monoton dan anak-anak jadi terpacu untuk mengetahuinya lebih lanjut, seperti mengetahui nama organ dan keterangan dari masing-masing organ tersebut.

Kata Kunci : Augmented Reality, Media Pembelajaran, Metode Single Marker, Organ Pencernaan Manusia.

Keywords


Augmented Reality, Media Pembelajaran, Metode Single Marker, Organ Pencernaan Manusia.

Full Text:

PDF

References


Anderson, K. A., Neisz, J. J., & Siegel, S. W. (2015). U.S. Patent No. 6,648,921. Washington, DC: U.S. Patent and Trademark Office.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Jones, J. W., Tsuji, G. Y., Hoogenboom, G., Hunt, L. A., Thornton, P. K., Wilkens, P. W., ... & Singh, U. (2015). Decision support system for agrotechnology transfer: DSSAT v3. In Understanding options for agricultural production (pp. 157-177). Springer, Dordrecht.

Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2012). Practical meta-analysis. SAGE publications, Inc.

MARolA, K. V., KBNT, J., & Bibly, J. M. (1979). Multivariate analysis. AcadeInic Press, Londres.

Mishan, E. J., & Euston. Quah. (2019). Cost-benefit analysis (Vol. 454). New York: Praeger.

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). penerapan teknologi augmented reality pada media pembelajaran sistem pencernaan berbasis android. jurnal teknik komputer, 2(1), 122-131.

Agung, K. (2020). aplikasi android sistem pencernaan pada manusia menggunakan augmented reality (doctoral dissertation, universitas bumigora).

Laksono, T. (2019). pengembangan media pembelajaran organ pencernaan manusia menggunakan teknologi augmented reality pada sekolah menengah pertama (doctoral dissertation, unnes).

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). penerapan augmented reality sebagai media pembelajaran sistem pencernaan pada manusia dalam mata pelajaran biologi. jurnal edukasi dan penelitian informatika (jepin). https://doi. org/10.26418/jp. v3i2, 22676.

Mubaraq, M. R., Kurniawan, H., & Saleh, A. (2018). implementasi augmented reality pada media pembelajaran buah-buahan berbasis android. it (informatic technique) journal, 6(1), 89-98.

Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). implementasi teknologi virtual reality pada media pembelajaran perakitan komputer. jurnal nasional pendidikan teknik informatika: janapati, 9(1), 83-95.

Nasir, M., & Suheri, A. (2018). pembuatan simulasi tembak reaksi menggunakan teknologi virtual reality. media jurnal informatika, 8(1).

Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2020). augmented reality untuk materi bangun ruang menggunakan unity 3d, vuforia sdk dan aplikasi blender. jurnal tika, 5(3), 86-92.

Ramdhan, K. R., Nurhasanah, Y. I., & Korio Utoro, R. (2017). aplikasi media pembelajaran tulang manusia menggunakan augmented reality (ar) berbasis android. jurnal teknik informatika dan sistem informasi, 3(3).

Rawis, Z. C., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2018). penerapan augmented reality berbasis android untuk mengenalkan pakaian adat tountemboan. jurnal teknik informatika, 13(1).

Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. (2020). studi komparasi dan analisis swot pada implementasi kecerdasan buatan (artificial intelligence) di indonesia. j@ ti undip: jurnal teknik industri, 15(2), 122-133.

Saputri, S., & Sibarani, A. J. (2020). implementasi augmented reality pada pembelajaran matematika mengenal bangun ruang dengan metode marked based tracking berbasis android. komputika: jurnal sistem komputer, 9(1), 15-24.

Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2015). pengembangan media pembelajaran mengenal organ pencernaan manusia menggunakan teknologi augmented reality.

Siregar, F. (2018). mobile edukasi panca indera pada manusia menggunakan teknologi augmented reality (doctoral dissertation, iib darmajaya).

Vidiardi, S. (2015). pengembangan museum virtual interaktif menggunakan teknologi desktop virtual reality pada museum ranggawarsita (doctoral dissertation, universitas negeri semarang).

Wahyudi, F., Wardhono, W. S., & Akbar, A. (2017). pengembangan permainan edukasi simulasi astronomi menggunakan teknologi mobile virtual reality. jurnal pengembangan teknologi informasi dan ilmu komputer e-issn, 2548.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2828

Article Metrics

Abstract views : 33 times | PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter