FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS CAMPALAGIAN

Asri Asri

Abstract


Puskesmas dalam sistem JKN/ BPJS memiliki peran yang besar kepada peserta BPJS kesehatan. Pemanfaatan pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya, yakni faktor konsumen berupa: pendidikan, mata pencaharian, pengetahuan dan persepsi pasien; faktor organisasi berupa: ketersediaan sumber daya, keterjangkauan lokasi layanan, dan akses sosial; serta faktor pemberi layanan diantaranya. Jumlah peserta BPJS yang dilayani merupakan yang terbanyak di Kabupaten Polewali Mandar namun pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta BPJS kesehatan masih menunjukkan persentase yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara persepsi pasien tentang Jaminan Kesehatan Nasional, akses dan persepsi terhadap tindakan petugas dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara Persepsi responden tentang JKN, akses layanan dan Persepsi responden terhadap Tindakan Petugas dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas.

Keywords


Persepsi tentang JKN; Akses layanan; Persepsi terhadap tindakan petugas; Pelayanan Kesehatan; Puskesmas

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, D. 2014. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika

Andersen R, J Kravits, OW Anderson (ed). 1975. Equity in Health Services, Cambridge, Mass :Ballinger Publishing Co

Dever, A. 1984. Epidemiology of Health Services Utilization. Aspen system Corporation, Rockville, Maryland.

Gibson, J.L., J.M. Ivancevich, J.H. Donnelly, Jr., 1996, Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Hamid, R., Darmawansyah, Balqis. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. (Online).http://repository.unhas.ac.id/b itstream/handle/123456789/5724/RAC HMADANI_HUBUNGAN%20MUT U%20PELAYANAN_130613.pdf?seq

uence=1. Diakses tanggal 20 Januari 2015.

Hasbi, H. 2014. Analisis hubungan persepsi Pasien tentang mutu Pelayanan dengan pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan puskesmas poncol KotaSemarang.(Online)http://www.eprints.undip.ac.id/37026/. Diakses pada tanggal 12 April 2014.

Illyas, Y. 2002. Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian. Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Jakarta.

Manurung, AM. 2013. Hubungan Perceived dan Evaluated Need Perawatan Karies Gigi dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi Pada Masyarakat di Kota Pematang Siantar. Tesis (Online). http://repository.usu.ac.id/bitstream/12 3456789/6735/3/08E00056.pdf.txt Diakses tanggal 20 Januari 2015.

Pratiwi, AE. 2014. Minat pemanfaatan pelayanan puskesmas bagi peserta program jaminan kesehatan Bali Mandara studi di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Badung. Pusat KPMAK-UGM. Jogjakarta

Purwatiningsih, R. 2014. Persepsi Masyarakat tentang Peranan Puskesmas. Skripsi. Online. (http://eprints.uns.ac.id/8611/1/914803 08200909381.pdf) Diakses tanggal 15 Januari 2015.

Rauf, NI., MY Amir, Balqis. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan antenatal care di Puskesmas barru kabupaten barru. Hasil Penelitian. Administrasi Kesehatan dan Kebijakan, FKM Unhas.

Suprihanto, J., TH.A.M. Harsiwi, P. Hadi. 2003. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2864

Article Metrics

Abstract views : 665 times | PDF - 1262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.