Pengaruh Keaktifan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Nurul Zamzani, Febryanti Febryanti, Ayu Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keaktifan belajar secara signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik Kelas XI SMA Negeri 3 Polewali, (2) pengaruh minat belajar secara signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Polewali  dan (3) pengaruh signifikan keaktifan belajar dan minat belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Polewali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukan  bahwa: (1) Keaktifan Belajar (X1) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y) nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan 5% (0,001 < 0,05). (2) Minat Belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y) dengan  nilai signifikansi (0,009 < 0,05). (3) Keaktifan Belajar (X1) dan Minat Belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika (Y) dengan nilai signifikansi (0,001 < 0,05). Dengan kata lain keaktifan belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika di SMA Negeri 3 Polewali Kabupaten Polewali Mandar.


Keywords


hasil belajar; keaktifan belajar; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Assaibin, M., Upu, H., & Darwis, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (Elpsa) Dan Saintifik.Jurnal Pendidikan PEPATUDZU (15), hal. 34-55.

Faradila. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil belajar Matematika Peserta didik Kelas X Di MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. (SKRIPSI, Institut Agama Islam Negeri Jember, 2020) hal. 30. SKRIPSI, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Khairunnisa, Afidah. (2015). Matematika Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang-Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41-53.

Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11-14.

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83-88.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Rosmala, Amelia. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Savriani, Ella. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil belajar Peserta didik Mata Pelajaran Matematika SDN 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Formatif.Program Sarjana Institut Agama Islam Negri Metro Lampung.hal 20-21.

Sirait, (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil belajar Matematika, Pada Kelas VIII SMP Negeri 160 Jakarta.Journal Formatif. Program Pasca sarjana Universitas Indraprasta PGRI – ISSN: hal 35 –43

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanti, S., & Kurniawati, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Metode Gambar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Thoifah, I’anatut. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Wisma kali metro.

Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2020). Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Selama Study at Home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 72-81.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i1.2870

Article Metrics

Abstract views : 783 times | PDF - 300 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.