PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs HUSNUL KHATIMAH

Hasbiana Hasbiana, Chuduriah Sahabuddin, Febryanti Febryanti, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan maksud untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom dengan alat peraga terhadap hasil belajar Matematika siswa. Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa kelas VIII MTs Husnul Khatimah yang berjumlah 61 orang dan sampelnya ialah kelas VIIIB selaku kelas kontrol dan kelas VIIIC selaku kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data ini diolah dengan statistik deskriptif serta statistik inferensial. Setelah diolah hasil analisis deskriptif diperoleh posttest yakni meannya dari hasil belajar Matematika kelas eksperimen ialah 84,46 dan kelas control sebanyak 71,69. Data perhitungan uji-t pada data posttest diperoleh nilai  sebanyak 4,18  dan pada nilai ialah 1,68 itu berarti  yakni 4,18  1,685. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dapat ditarik kesimpulan bahwasanya penggunaan model pembelajaran flipped classroom dengan alat peraga papan SPLDV berpengaruh pada hasil belajar Matematika siswa kelas VIII MTs Husnul Khatimah.


Keywords


Model flipped classroom, alat peraga papan SPLDV, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Affandi, A. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa.

Afrida, A. (2014). Media dan Alat Peraga. Dalamhttp://anasafrida.blogspot.co.id/2014/11/media-danalat-peraga dalam_15.html.

Amar, N., Najib, A., & Febryanti, F. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Journal Peqguruang: conference series (Vol. 1, No. 2, pp. 168-173).

Ampar, et al. (2019). “Dua Variabel Development Of Catur Spldv To Help Students Solving System Of Linear Equations With Two Variables.” 6: 704–14.

Djajalaksana, Y. and Chandra, F.H., (2013). Flipping Your Classroom with Technology. Konferensi Nasional Sistem Informasi STIMIK BUMIGORA Mataram.

Khotimah, S.H, & Risan, R. (2019). “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 3(1): 48.

Mandur, et al., (2013) Representasi Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. (4): 65–72.

Sugiyono, (2016) metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Surya, E. (2012). Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa, UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-28357- Visual%20Thinking%20dan%20Karakter.pdf [05 Desember 2014].

Utami, S., at al. (2017). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.2951

Article Metrics

Abstract views : 149 times | PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.