IMPLEMENTASI APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan aplikasi kahoot pada Mata Kuliah Berbicara Mahasiswa Pendidikan bahasa Indonesia Semester II Universitas Al Asyariah Mandar. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia semsetre II yang Berjumlah 26 orangĀ universitas al asyariah mandar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest dan posttest desaign. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa yaitu terdiri dari kuesioner respon mahasiswa lembar observasi, angket, dan soao teks melalui kahoot, analisis data yang digunakan dalam poenelitian ini yaitu Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian penunjukkan bahwa hasil belajar mahasswa diperoleh nilai rata-rata pada tahap pretest yaitu 54.6154 akan tetapi setelah melakukan tahap posttest memperoleh nilai rata-rata 74.2308 soal tes yang diberikan melalui kahoot. Dengan demikian dapat disimpulkan bawa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi kahoot pada matakuliah berbicara mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia semester II Universitas Al Asyariah Mandar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Yakin, A., Obaid, A. J., Muthmainnah, R. S. A., Mahdawi, H. A. K., & Al-Barzinji, S. M. (2022). Bringing Technology into The Classroom Amid Covid 19, Challenge and opportunity. Journal of Positive School Psychology http://journalppw. com, 6(2), 1043-1052.
Al Yakin, A., Obaid, A. J., Muthmainnah, R. S. A., Mahdawi, H. A. K., & Al-Barzinji, S. M. (2022). Bringing Technology into The Classroom Amid Covid 19, Challenge and opportunity. Journal of Positive School Psychology http://journalppw. com, 6(2), 1043-1052.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta : Rineka Cipta.
Gibson &Smith,2918. A Bibliometric Analysis to Identity Leaning ang Emerging Methode Foresight& STI Governance, 12 (1),6-12.
Muthmainnah, A. J., Abdulbaqi, A. S., Nejrs, S. M., Mahdawi, R. S. A., Khalaf, H. A., & Al-Barzinji, S. M. Developing Cloud Materials through Padlet for Digitarian EFL. International Journal of Early Childhood, 14(03), 2022.
Muthmainnah, A. J., Abdulbaqi, A. S., Nejrs, S. M., Mahdawi, R. S. A., Khalaf, H. A., & Al-Barzinji, S. M. Developing Cloud Materials through Padlet for Digitarian EFL. International Journal of Early Childhood, 14(03), 2022.
Muthmainnah, T. E., Al Yakin, A., Ghofur, A., & Asrifan, A. (2022). Course Design Through Funtainment-Based Instructional Model to Improve 4C Skills Students. Journal of Positive School Psychology, 793-806.
Nihayatun Nasikah (2020).Efektivitas Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih VIII Di MTS Manahijul Huda Agagel Dukuseti Pati.(Online ) Di Akses Pada Tanggal 10 April 2022.
Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabet,Bandung
Sahid Raharjo, (2019).Cara Uji Wilcoxom Non Parametrik Dengan SPSS. Di Akses Pada Tanggal 23 Mei 2022.
Tarigan,H.G.(2015).Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Yunus,M.,& Hafsa, N.(2016). Peningkatan Pembelajaran Berwawancara Melalui Metode Learning community Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pallangsa Gowa. Sulawesi Selatan. Jurnal Pepattuzdu,2016,11.1
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.2961
Article Metrics
Abstract views : 94 times | PDF - 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.