ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI POLYA PADA SISWA MTs DDI BASSEANG
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini ialah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa dengan menggunakan teori polya. Dari 20 siswa yang diberikan tes diagnostik diperoleh: 4 siswa berada pada kemampuan Pemecahan Masalah matematis tingkat tinggi, 5 siswa berada pada kemampuan Pemecahan Masalah matematis tingkat sedang dan 11 siswa berada pada kemampuan Pemecahan Masalah tingkat rendah. Dari 20 siswa direduksi menjadi 6 siswa, dengan pengambilan subjek masing-masing dua dari kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa tingkat Rendah, sedang dan tinggi dan dilakukan tes wawancara mendalam. Hasil penelitian kemampuan Pemecahan Masalah tingkat rendah diperoleh : Memahami Masalah yaitu siswa dapat mengajukan dugaan. Hasil penelitian kemampuan Pemecahan Masalah tingkat Sedang diperoleh : Mampu Membuat rencana Mampu menemukan sifat atau pola untuk menganalisis situasi matematika. Mampu Melakukan manipulasi matematika dan Hasil penelitian kemampuan Pemecahan Masalah tingkat tinggi diperoleh : Melakukan Rencana Menyusun bukti kepada kebenaran solusi Mampu menarik kesimpulan dari pernyataan matematika didalam soal matematika. Memeriksa Kembali. Mampu memeriksa kesahihan suatu argmuen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febryanti, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar
Matematika melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 14-22.
Gama, C. A. 2014. Integrating Metacognition Instruction
In Interactive Learning Environment. D. Phil Dissertation: University of Sussex
Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016).
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/UJME.V5I1.9343
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Özsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakiroğlu, A. (2015).
Evaluation of Students’ Mathematical Problem Solving Skills in Relation to Their Reading Levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113–132. Retrieved from www.iejee.com
Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Model
Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Retrieved February 8, 2018, from https://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning
Polya, G. 1985. How to Solve It: A New Aspect of
Mathematics Method. Princenton, New Jersey: Princenton University Press.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu
Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Retrieved from http://onesearch.id/Record/IOS3107.10571
Sabirin, M. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis
Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, dan Representasi Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/8048/
Syah, A., Alimuddin, A., & Talib, A. (2019). Pengaruh
Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Pepatudzu, 15(1), 21-33.Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013). Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013).
Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Retrieved February 8, 2018, fromhttps://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning
Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013). Pelaksanaan
Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Retrieved February 8, 2018, fromhttps://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.2986
Article Metrics
Abstract views : 153 times | PDF - 93 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.