ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI POLYA PADA SISWA MTs DDI BASSEANG

Nanda Eka Putri, Dermawan Dermawan, Febryanti Febryanti

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini ialah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa dengan menggunakan teori polya. Dari 20 siswa yang diberikan tes diagnostik diperoleh: 4 siswa berada pada kemampuan Pemecahan Masalah matematis tingkat tinggi, 5 siswa berada pada kemampuan Pemecahan Masalah matematis tingkat sedang dan 11 siswa berada pada kemampuan Pemecahan Masalah tingkat rendah. Dari 20 siswa direduksi menjadi 6 siswa, dengan pengambilan subjek masing-masing dua dari kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa tingkat Rendah, sedang dan tinggi dan dilakukan tes wawancara mendalam. Hasil penelitian kemampuan Pemecahan Masalah tingkat rendah diperoleh : Memahami Masalah yaitu siswa dapat mengajukan dugaan. Hasil penelitian kemampuan Pemecahan Masalah tingkat Sedang diperoleh : Mampu Membuat rencana Mampu menemukan sifat atau pola untuk menganalisis situasi matematika. Mampu Melakukan manipulasi matematika dan Hasil penelitian kemampuan Pemecahan Masalah tingkat tinggi diperoleh : Melakukan Rencana Menyusun bukti kepada kebenaran solusi Mampu menarik kesimpulan dari pernyataan matematika didalam soal matematika. Memeriksa Kembali. Mampu memeriksa kesahihan suatu argmuen.


Keywords


Pemecahan Masalah matematis, Teori Polya.

Full Text:

PDF

References


Febryanti, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar

Matematika melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 12(1), 14-22.

Gama, C. A. 2014. Integrating Metacognition Instruction

In Interactive Learning Environment. D. Phil Dissertation: University of Sussex

Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016).

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/UJME.V5I1.9343

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Özsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakiroğlu, A. (2015).

Evaluation of Students’ Mathematical Problem Solving Skills in Relation to Their Reading Levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113–132. Retrieved from www.iejee.com

Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Model

Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Retrieved February 8, 2018, from https://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning

Polya, G. 1985. How to Solve It: A New Aspect of

Mathematics Method. Princenton, New Jersey: Princenton University Press.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu

Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Retrieved from http://onesearch.id/Record/IOS3107.10571

Sabirin, M. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis

Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, dan Representasi Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/8048/

Syah, A., Alimuddin, A., & Talib, A. (2019). Pengaruh

Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Kreativitas Matematika dan Aktivitas Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Pepatudzu, 15(1), 21-33.Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013). Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013).

Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Retrieved February 8, 2018, fromhttps://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning

Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013). Pelaksanaan

Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Retrieved February 8, 2018, fromhttps://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.2986

Article Metrics

Abstract views : 153 times | PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.