Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini ialah penelitian eksperimen yang dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dengan media aplikasi geogebra terhadap hasil belajar Matematika pada siswa. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas XI-IIS SMAN 1 Balla yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 54 orang. Oleh karena itu, seluruh anggota populasi ini digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes belajar Matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Bukti ini diolah dengan statistik deskriptif serta statistik inferensial. Setelah diolah hasil analisis deskriptif diperoleh posttest yakni rata-rata (mean) dari hasil belajar Matematika kelas eksperimen yaitu 77,17 dan kelas kontrol 66,23. Data perhitungan uji-t pada data posttest diperoleh nilai sebanyak 3,53 dan pada nilai 1,67. Itu berarti yakni 3,53 1,67. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dapat disimpulkan bahwasanya menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media aplikasi geogebra berdampak positif pada hasil belajar Matematika siswa kelas XI SMAN 1 Balla.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandi, A. (2013). Pemanfaatan Model Pembelajaran Word Square dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa.
Afrida, A. (2014). Media dan Alat Peraga. Dalamhttp://anasafrida.blogspot.co.id/2014/11/media-danalat-peraga dalam_15.html
Amar, N., Najib, A., & Febryanti, F. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Peqguruang, 1(2), 168-173.
Ampar, et al. (2019). “Dua Variabel Development Of Catur Spldv To Help Students Solving System Of
Linear Equations With Two Variables.” 6: 704–14.
Khotimah, S.H, & Risan, R. (2019). “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 3(1): 48.
Magdalena, Rita. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015." Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning. Vol. 13. No. 1. 2016.
Mandur, et al., (2013) Representasi Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. (4): 65–72.
Sanjaya, I.D.M.P., Arini, N.W., Sudatha, I. G. W., & ST, M.P. (2014). Pengaruh Brain Based Learning (BBL) Berbantuan Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep IPA siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Surya, E. (2012). Visual Thinking Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa, UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-28357- Visual%20Thinking%20dan%20Karakter.pdf [05 Desember 2014].
Syamsuddin, S., Tahir, A., Ahmad, H., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2020). PKM-MGMP Matematika SMK Kabupaten Majene Pelatihan Geogebra sebagai media pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 11)
Yusri, Andi Yunarni. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7.1 (2018): 51-62.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.2987
Article Metrics
Abstract views : 184 times | PDF - 58 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.