PERAN KEPEMIMPINAN ADAT TERHADAP PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DESA BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI DI DESA SAMPALE KECAMATAN RANTEBULAHAN TIMUR KABUPATEN MAMASA)

Sjuaib Hannan, Ahmad Saleh, Reski Reski

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif yang bertujuan untuk mengetahui Peran Kepemimpinan Adat Terhadap Pelaksanaan Pemerintahan Desa Sampale Berbasis Kearifan Lokal. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yang berjumlah 17 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengopservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa yang di gunakan adalah analisa data kualitatif yang merupakan uraian serta menginterpretasikan data yang di peroleh di lapangan dari informan yang ada.  Hasil analisis menunjukkan bahwa Konsep kepemimpinan adat di desa sampale masih sangat menjunjung tinggi kearaifan lokal dilihat dari penentuan kebijakan sering dilakukan dengan musayawarah bersama lembaga adat yang belaku. Adapun factor yang mempengaruhi yaitu seperti dimensi adaptasi eksternal yang mana pemimpin sudah mengupayakan kepentingan-kepentingan dari luar dan menyesuaikan dengan kepemimpinan yang berlaku di desa sampale. Adapun indikatornya yaitu  dimensi integrasi internal, dimensi asumsi-asumsi dasar. Adapun Pengaruh Kepemimpinan Adat Internal di bagi atas tiga yaitu Artefacts dimana kegiatan atau bentuk organisasi terlihat seperti struktur organisasi maupun proses, lingkungan fisik organisasi dan produkproduk yang dihasilkan, Lalu Espoused Values, tingkat kedua adalah nilai-nilai yang didukung, terdiri dari strategi, tujuan, dan filosofi organisasi. Tingkat ini mempunyai arti penting dalam kepemimpinan, nilai-nilai ini harus ditanamkan pada tiap-tiap anggota organisasi, dan Underlying Assumption, asumsi yang mendasari, yaitu suatu keyakinan yang dianggap sudah harus ada dalam diri tiap-tiap anggota mengenai organisasi yang meliputi aspek keyakinan, pemikiran dan keterikatan perasaan terhadap organisasi.


Keywords


Peran, Kepemimpinan Adat, Kearifan Lokal, Desa Sampale

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzzmedia

Antariksa. 2012. Kearifan Budaya Lokal Dalam Arsitektur. Bahan Ajar Pascasarjana Arsitektur Lingkungan Binaan, Universitas Brawijaya, Malang.

Ardiansyah P. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Adat Terhadap Pelaksanaan Pemerintahan Desa Berbasis Kearifan Lokal (studi didesa penapalan kecamatan tengah ilir kabupaten tebo). Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Jambi

Arifin, H. Syamsul. 2012. Leadership Ilmu Dan Seni Kepemimpinan. Jakarta Mitra Wacana Media

Davis, Keith Dan Newstrom. 2014. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga

Dewi, Andi Ratnasari dan Dr Hasniaty. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju. JBMI Vol. 14 No. 2 Oktober 2017

Eko Maulana Ali. 2012. Kepemimpinan Transformasional Dalam Birokrasi Pemerintahan. PT. Multicerdas Publishing. Jakarta

Geurtjens H. 2016. Kehidupan Orang Kei di Zaman Dahulu (diterjemahkan oleh C.J Bohm. MSC). Gunung Sopai: Yogyakarta

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian kualitatif. Cetakan ke-36, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nur Aedah. 2017. Peran dan Fungsi Kepemimpinan Informal dalam Pemerintahan Kampung di Kampung Waena Kota Jayapura. Jurnal ekologi Birokrasi : Pascasarjana Uncen.

Sjuaib Hannan, Nurfitrah, Mujadilah MK, 2020. Peran Pemerintah dalam Pelestarian Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Desa Lombong, Kecamatan Malunda. Jurnal Peqguruang : UNASMAN, Polewali Mandar

Schein, Edgar H.,(2010), Organizational Culture And Leadership. Jossey Bass. San Fransisco.

Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang pemerintahan desa.

Permendagri 18 Tahun 2018 tentang lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v6i1.3040

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter