PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP MINAT, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Yemima Mima, Fatimah Fatimah, Muhammad Izabi Alis Pindi, Miftahul Jannah

Abstract


Penelitian ini adalah  penelitian eksperimen yang dengan maksud untuk melihat pengaruh model kooperatif tipe number head together (NHT) pada ketertarikan, kemandirian serta  hasil belajar matematika peserta didik  kelas XI-IIS SMA Negeri 1 Balla, terdiri dari dua kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 54 orang. Oleh karena itu, seluruh anggota populasi ini digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner serta tes belajar matematika peserta didik. Bukti ini diolah dengan statistik deskriptif serta statistik inferensial. Setelah diolah hasil analisis deskriptif didapat posttest yakni rata-rata (mean) dari hasil belajar matematika kelas eksperimen yaitu 77,08 serta kelas kontrol 68,20. Data perhitungan uji-t pada data posttest diperoleh nilai  sebanyak 4,00 dan pada nilai   1,67. Itu berarti  yaitu  4,00  1,67. Pada hasil uraian statistik deskriptif serta statistik inferensial bisa ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together berpengaruh pada ketertarikan, kemandirian serta  hasil belajar matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Balla.


Keywords


Hasil belajar, kemandirian belajar, model number head together, minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Amar, N., Najib, A., & Febryanti, F. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Journal Peqguruang: conference series (Vol. 1, No. 2, pp. 168-173).

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesi, 2(1).

Fauziah, Y. E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together (NHT) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma Dan Limas Di MTSN Tunggangri.

Khotimah, K. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) Kelas VB MIN 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kurniati, A., & Sari, A. d (2019) Heads Together (NHT) terhadap Kemampua an Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar.

Marlina. (2013). Metode Penelitian.Skripsi.Polewali Mandar:Universitas Al Asyariah Mandar

Nurfadilah, Siti, and Dori Lukman Hakim (2019).”Kemandirian Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika.” Prosiding Sesiomadika.

Sugiyono, (2016) metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung : Alfabeta.

Slameto, S. (2015). Pembelajaran berbasis riset mewujudkan pembelajaran yang inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102-112.

Sudiati, T. (2018). Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui Workshop. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 231-237.

Luciana, Devi (2017). " Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa." Lampung: UIN Raden Intan Lampung, Skripsi_Pdf.http://repository.radenintan.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v4i2.3060

Article Metrics

Abstract views : 115 times | PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter