KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Herlina Ahmad, Miftahul Jannah, Muhammad Ali P, Andi Rahmah Selviani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen dimana penelitian ini bersifat Comparassion (komparatif), diman melibatkan dua kelompok belajar. Dengan tujuan tesis ini ialah untuk mengetahui komparasi model pembelajaran problem posing juga problem solving pada hasil belajar siswa kelas VII MTs DDI Manding pada pembelajaran matematika. Penelitian ini diambil dari dua sampel, yakni, kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dimana diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem posing, dengan jumlah siswa sebanyak 20.. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen II dimana diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving, dengan jumlah siswa 20 orang. Instrument pada penelitian ini meliputi, 1) Tes hasil belajar matematika (pre-tes & pot-tes) 2) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran 3) Lembar observasi keterlaksanaan siswa. Adapun pengumpulan data  dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Dari hasil analisis statistic pre-tes dan post-tes menunjukkan bahwasanya kelas eksperimen II lebih unggul disbanding kelass eksperimen I. erhitungan uji hipotesis/uji t untuk data hasil belajar matematika siswa pada post-tes, diperoleh nilai sebesar 3.059. sedangkan pada sebesar 1.685 yang berarti    , atau 3.059  1.685. hal ini menunjukkan bahwa kedua model efektif digunakan pada saat proses pembelajaran.


Keywords


Problem posing, Problem solving dan Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Ali Hamzah dan Muhlisarini. (2014). Perencanaan dan Strategi

Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konsektual (Inofatif). Bandung : CV Yrama Widya.

Fatimah, F., Syah, A., & Ekawati, D. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Journal Peqguruang, 1(2), 25-29.

Firli, A., Rismayani, F., P.M.T. Sitorus, B. Manuel. 2017. Implementing Mixed Method Of Peer Teaching And Problem Solving on Undergraduate Students. Journal of Education Research And Evaluation. Vol.1 (1)pp. 1-5.

Hodiyanto, H.,Darma, & Putra, S. R.S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.

Rafita. A. A.2019. Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Pemahaman Konsep Matematika (DoctoralDissertation Universitas Muhammadiyah Gresik)

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, S. (2010). Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Melalui Pendekatan Problem posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-104.

Solikhah, A. (2016). Statistic Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Komunika, 10 (2), 342-362.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i1.3063

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series

E-ISSN: 2686-3472

Gedung Biro AKSI. Lt 2. Ruang  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: peqguruang@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruan/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
JOURNAL PEQGURUANG: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter